Highlight

Peneliti COVID-19 Tewas Ditembak Mati

Ilmuwan Cina, Bing Liu (37 tahun) yang meneliti COVID-19 di Amerika Serikat ditemukan tewas  di rumahnya di pinggiran Pittsburgh tempat ia bekerja sebagai profesor riset. Polisi mengugkapkan Bing Liu tewas setelah ditembak mati oleh penyerangnya Hao Gu. 
Setelah menembak Bing Liu, sang penembak Hao Gu (46 tahun) juga melakukan bunuh diri. Mayat Hao Gu ditemukan di sudut jalan, Kota Pittsburgh. Pihak kepolisian setempat menyebut peristiwa itu buntut dari perselisihan antara dua orang yang diduga merupakan pasangan intim. Polisi menyatakan tidak ada bukti pembunuhan Liu terkait penelitiannya tersebut.
Namun, warganet mensinyalir Bing Liu tewas karena teori konspirasi lantaran karyanya yang mempelajari virus.
"Bing Liu dibunuh oleh pemerintah yang korup. Dia hampir mengungkap kebenaran tentang COVID-19 dan bagaimana itu berasal dari AS," tulis seorang pengguna Twitter, seperti dilansir AFP, Kamis (7/5/2020).
Universitas Pittsburgh tempat Bing Liu melakukan penelitian menyampaikan duka cita atas meninggalnya Bing Liu.
"Bing Liu berada di ambang menyusul temuan yang sangat signifikan untuk memahami mekanisme seluler yang mendasar infeksi SARS-CoV-2 dan dasar seluler dari komplikasi berikut," kata Universitas Pittsburgh.
Selain itu, otoritas Universitas Pittsburgh juga mengatakan siap membuka cara lain menyelesaikan pekerjaan Liu selama ini.
"Kami akan melakukan upaya untuk menyelesaikan apa yang dia mulai dalam upaya untuk memberi penghormatan kepada keunggulan ilmiahnya," terang pihak kampus.
sumber rri.co.id