Highlight

Tekan Harga Pasaran dengan 4 Ton Gula Pada Operasi Pasar

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir secara simbolis menyerahkan 2 kg gula pasir kepada warga yang membeli gula pasir saat operasi pasar di pasar bintoro Demak, Selasa (5/5). Operasi pasar diselenggarakan atas kerjasama PT. Industri Gula Nusantara Kendal dengan Satgas pangan Jateng dan Dinas Perindag Provinsi Jateng bertujuan untuk mengendalikan harga gula pasir yang melambung naik hingga 50 % kurun waktu 2 bulan ini. Turut mendampingi bupati Kadinperindag Demak Iskandar Zulkarnain dan Kabag Perekonomian Edy Suntoro.
Kepala Dinperindag propinsi M. Arif Sambodo mengatakan, guna untuk memenuhi kebutuhan gula oleh masyarakat serta menekan harga gula dipasaran pihaknya merasa perlu untuk melakukan operasi pasar. ” Untuk wilayah Demak kami telah menyiapkan 4 ton gula untuk 2000 konsumen dan hari ini secara dimbolis diawali penyerahan oleh bapak bupati kepada warga pembeli”.
” Selain untuk memenuhi kebutuhan gula masyarakat juga dimaksudkan untuk mebekan harga gula dipasaran, yang saat ini harganya mencapai Rp. 17.000,-/kg. semestinya berdasr Harga Eceran Tertinggi ( HET) harga per kilo gram Rp. 12.500,- “, Jelas M. Arif.
Kepala Dinperidag Demak Iskandar Zukarnain mengatakan, bagi masyarakat yang membeli gula murah ini sebelumnya mendapat kupon dan masing masing mereka berhak membeli 2 kg gula. Pembatasan pembelian diberlakukan agar tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. ” Mereka membayar Rp. 25.000,- dan mendapat 2 kg gula. Harga dipasaran sudah mencapai rp. 17.000 bahkan sebelumnya rp. 18.000, per kg” jelas Iskandar.
Jangan Ngeyel
Sementara itu Bupati Demak HM Natsir saat dilokasi pasar bintoro menyampaikan, bahwa saat ini merupakan masa masa sulit bagi seluruh masyarakat ditengah pandemi wabah Covid-19. Dampak pandemi wabah Nasional membawa pengaruh pada kenaikan harga untuk kebutuhan.
” Kita semua terdampak oleh pandemi Covid tidak terkecuali, ditengah tengah masa pandemi ini membawa pengaruh pada kenaikan harga kebutuhan termasuk gula pasir. Untuk itu pemerintah berupaya
agar harga gula dipasaran dapat stabil kembali degan melakukan operasi pasar dibulan ramadhan mendekati Lebaran. harga bulan puasa mendekati lebaran”. Jelas bupati Natsir.
Bupati berharap wabah corona dapat segera berakhir agar tidak menyusahkan masyarakat. Namun untuk menghancurkan Covid-19 harus dilawan bersama sama. Dengan cara masyarakat mengikuti imbauan pemerintah termasuk anjuran untuk beribadah dirumah.
” Janganlah diributkan, janganlah ngeyel dan seenaknya sendiri menanggapi imbauan pemerintah dengan beragam argumen. Bahkan membantah aturan yang ditetapkan pemerintah dengan mencari pembenaran diri”.
” Marilah kita sadari bersama untuk kebaikan bersama pula. Tidak ada imbauan atau aturan pemerintah yang menjerumuskan rakyatnya. Sekali lagi mari lawan Covid bersama agar segera hilang dan kita semua kembali tenang ” tegas bupati.