Highlight

Vaksin Covid-19 Belum Jelas, Jaga Perilaku Sehat


Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan masyarakat Indonesia harus beradaptasi dalam beraktivitas sehari-hari di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini.
"Karena yang paling penting adalah disiplin dan waspada terhadap virus ini dan tentunya kita harus menyesuaikan diri dalam pola hidup kita agar bisa memutus mata rantai dan beraktivitas seperti biasanya, tapi prinsip yang paling utama adalah harus bisa menyesuaikan pola hidup," ujar Wiku di Graha BNPB Jakarta, Selasa (12/5/2020).
Prof. Wiku Adisasmito (Dok. Istimewa)
Transformasi ini, dikatakan Wiku adalah untuk menata kehidupan dan perilaku baru ketika pandemi Covid-19 bahkan hingga ditemukannya obat atau vaksin untuk Covid-19.
Bahkan dunia pun dikatakan Wiku, belum menemukan vaksin yang ampuh untuk virus corona ini. Kendati demikian, Ia memprediksi vaksin Covid-19 akan ditemukan paling cepat di tahun depan atau 2021.
"Kalau untuk penemuan vaksin kemungkinan paling cepat tahun depan, tetapi kalau bagaimana kita bisa optimis untuk bisa beraktivitas kuncinya adalah pada perubahan perilaku," kata Wiku.
Wiku pun mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penularan COVID-19, seperti menjaga jarak dengan baik dan disiplin, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker, serta meningkatkan imunitas tubuh.