Highlight

Aceh Siapkan Prosedur Pemeriksaan Gratis Covid-19

Pemerintah Aceh masih menggodok prosedur pemeriksaan virus corona, penyebab Covid-19 secara gratis kepada masyarakat Aceh, khususnya pemeriksaan untuk kebutuhan administratif.
“Sedangkan pemeriksan Covid untuk kebutuhan medis tidak dipungut biaya, sejak virus corona masuk Aceh, Maret 2020,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), kepada awak Media, Selasa (2/6/2020).
Kebutuhan administratif itu maksudnya, seperti untuk mendapatkan Surat Keterangan Pemeriksaan Covid-19 yang akan melakukan perjalanan, administrasi pendidikan, atau kebutuhan administratif lainnya.
“Sedangkan pemeriksaan untuk kebutuhan medis Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan pasien positif Covid-19, memang tidak dipungut biaya,” kata SAG.
Gugus Tugas Covid-19 Aceh sedang berkoordinasi dengan 13 rumah sakit rujukan Covid-19 yang telah ditetapkan, Dinas Kesehatan kabupaten/kota, dan Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Aceh, di Lambaro, Aceh Besar.
Menurut SAG, mekanisme pendaftaran bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan gratis tersebut, prosedur pemeriksaan, jadwal pelaksanaan, dan durasi waktu mendapatkan hasil pemeriksaan, harus sinkron dengan semua institusi pelayanan, agar pelayanan kepada masyarakat lancar dan memuaskan.
“Semua harus terkoordinasi dan kita persiapkan dengan sebaik-baiknya, agar masyarakat tidak kecewa,” tandas Saifullah.
SUMBER rri.co.id