Highlight

Delapan Positif Corona Klaster Pernikahan Semarang Sembuh

Delapan orang dikabarkan berhasil sembuh dari covid-19 usai terpapar corona saat berada di acara pernikahan di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis (11/6/2020) lalu.
"Ada 10-an total yang positif, tapi sekarang tinggal 2 yang positif, tidak ada yang dirawat, semuanya sehat, mereka Orang Tanpa Gejala (OTG). Jadi kita isolasi di rumah. Yang negatif sudah bisa keluar dari karantina," jelasnya kepada RRI pada Minggu (28/6/2020).
Pasalnya, setelah acara tersebut diselenggarakan sejumlah anggota keluarga ada yang meninggal. Saat ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk terus melakukan tracking terhadap yang datang ke dalam acara ijab qabul tersebut.
"Pesta pernikahan itu tanggal 11 Juni, kemudian adiknya pengantin sempat sakit di tanggal 2 Juni, kemudian abis pesta pernikahan malamnya adiknya nomor 3 masuk rumah sakit, Sabtu sudah tidak ada, Minggu disusul Ibunya," paparnya.
"Tracking masih dilakukan terutama yang datang saat ijab qabul di pesta pernikahan tersebut. Karena tamu yang datang saja dari pihak perempuan ada pihak perempuan sekitar dari 20 orang, padahal pembatasan maksimal 30 orang," sambungnya.
Untuk itu, ia berharap agar pemerintah setempat terus berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk edukasi protokol kesehatan lebih lanjut. Hal itu harus dilakukan guna penyebaran corona tidak terjadi lagi di acara pernikahan.
"Bisa diberikan edukasi tambahan dari teman-teman di Kemenag hingga sama-sama kita bisa melakukan edukasi kepada masyarakat. Ini masih bulan yang banyak sekali=melaksanakan pesta pernikahan di Semarang, jadi agar tidak terulang dibutuhkan edukasi," pungkasnya.
SUMBER rri.co.id