Highlight

JANGAN TAKUT SALAH KARENA SESUNGGUHNYA DISANA ADA JUTAAN HIKMAH



Sebagian besar orang pastilah tidak mau mau bahkan menghindar dari yang namanya salah.Padahal sebenarnya tak harus demikian karena salah adalah hal yang manusia apalagi kita manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Apalagi kita adalah manusia biasa. Ketika kita salah hadapilah dan jangan enggan untuk meminta maaf karena lewat permohonan maaflah bisa menghapus rasa salah walaupun mungkin tidak sepenuhnya.

Tak perlu menghindar dari salah karena jika kita menghindar itu bukanlah solusi terindah. Carilah akar masalah tapi jangan cari siapa yang salah karena ketika mencari siapa yang salah tak akan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada hanyalah seperti benang kusut. Kalau kita terbukti bersalah akuilah karena sebenarnya itu adalah langkah dimana kita akan menuju pada tahap kebenaran.Beda ketika kita tidak tahu bahwa  kita salah maka kitapun akan terus melakukan hal tersebut bahkan mungkin sampai bisa merugikan banyak orang.

Gunakanlah positif thinking bahwa didalam salah itu ada hikmah yang indah dan acuan agar kita tidak salah untuk mengambil langkah berikutnya.Orang baik tak pernah ada niatan sedikitpun untuk berbuat salah kalaupun pada perjalanan dia menemui kesalahan itu bukan karena ada niatan hal tersebut sama halnya ketika ketika kita melakukan perjalanan.Sebelum berjalan pastinya kita senantiasa berniat selamat sampai tujuan tapi kadang kita tidak tahu ditengah jalan kita bertemu dengan kerikil tajam yang menghambat perjalanan kita. Kirikil tajam itu anggaplah sebagai peringatan kita untuk berjalan hati-hati.

Kesalahan bukanlah suatu aib yang harus ditutup-tutupi karena salah adalah hal yang tidak mengenakkan.Tapi bagaimana kita mampu melihat kebenaran jika kita tak pernah melakukan kesalahan.Untuk itu hadapilah apapun yang memang dihadapi.Yakinilah ada sinar cerah disetiap kita salah melangkah yang akan mampu mengantarkan kita ketujuan terindah
Oleh Nur Chasanah, S.Psi