Highlight

Ribuan Ulat Bulu 'Serang' Pemukiman Warga Natuna

Ribuan ulat bulu bermunculan hingga meresahkan warga di wilayah Air Seneh, Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Besar, Kabupaten Natuna.
Ulat bulut yang belum diketahui asalnya itu menyebar masuk hingga ke rumah warga setempat.
“Kita mendapat laporan dari warga ada hama ulat bulu dengan jumlah yang cukup banyak dan kita pun lansung turun ke lapangan  melakukan pengecekan.setelah dicek ternyata emang betul ribuan hama ulat bulu berserak diperkarangan hingga masuk dalam rumah warga," kata Kepala Desa Cemaga Utara Kecamatan Bunguran Selatan Irwan kepada RRI, Jumat (12/6/2020).
Sementara itu, Tim Penanggulangan bencana Dinas Pemadam Kebakaran Natuna Disdamkar Kabupaten turut membantu memusnahkan dengan langkah penyemprotan dengan cairan pembasmi hama.
Kepala Seksi Kedaruratan Logistik, Rehabilitsai, dan Rekontruksi Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar Natuna Elkadar lismana menjelaskan, selain rumah warga, pohon di sekitar pemukiman, juga disemprot dengan cairan pembasmi hama agar ulat bulu tersebut mati.
“Kita lakukan penyemperotan di rumah warga maupun ke pohon yang ada di sekitar agar ulat bulu tersebut mati," kata Elkadar .
Pantauan RRI, selain di Desa Cemaga Utara, hama ulat bulu tersebut sehari sebelumnya juga sempat menyerang belasan rumah warga Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur.
Untuk diketahui, peristiwa penyerangan hama ulat bulu itu baru pertama kali terjadi di Kabupaten Natuna .
SUMBER rri.co.id