Highlight

Tanggulangi Covid-19, Jatim Manfaatkan Robot

Menanggulangi virus corona jenis baru atau Covid-19 bisa dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satunya yakni dengan menggunakan robot, demi meminimalisir resiko tenaga medis (nakes) tertular.
PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) melalui program Protelindo Berbagi bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berinisiatif mendonasikan 3 buah Robot RAISA (Robot medical Assistant ITS Airlangga) kepada Rs Dr Soetomo Surabaya dan RS Saiful Anwar, Malang.
"Semoga Robot Raisa dan bantuan APD yang kami berikan ini dapat memberikan dukungan secara maksimal kepada para petugas medis yang sedang bertugas.” ujar Direktur Protelindo, Indra Gunawan kepada wartawan, Minggu (14/6/2020).
Robot hasil karya ITS dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini merupakan robot pelayan pasien Covid-19. Robot ini bisa melakukan komunikasi dua arah sehingga dapat menanyakan keluhan pasien dan juga bisa mengambil suhu temperatur. Robot ini dioperasikan oleh operator dan dilengkapi dengan sensor, sehingga bisa berjalan sesuai arah yang ditentukan.
Perlu diketahui, penyerahan Robot RAISA ini dilakukan didalam acara web seminar (webinar) bertema 'Peran Perguruan Tinggi dalam Menanggulangi Covid-19' belum lama ini. Acara penyerahan disaksikan oleh Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan, Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya Prof Cita Rosita Sigit Prakoeswa, Direktur Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar Malang Dr. dr. Kohar Hari Santoso, dan Rektor Universitas ITS, Prof Mochamad Ashari.
Prof Mochamad Ashari menjelaskan, Robot RAISA adalah produk inovasi yang dibuat berdasar kebutuhan rumah sakit. Robot ini bisa membantu tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas rutin tanpa menurunkan kualitas terhadap pasien Covid-19.
Robot ini kata Prof Mochamad Ashari sangat diperlukan rumah sakit rujukan Covid-19. Dipastikannya sumbangan ini akan sangat membantu mengurangi frekuensi dan durasi interaksi antara tenaga kesehatan dengan pasien Covid-19.
"Dengan demikian pada akhirnya bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 terhadap tenaga medis. Untuk bantuan donasi ini, kami ucapkan terimakasih. Kedepan kami harapkan Protelindo bisa memberikan donasi lagi karena masih banyak rumah sakit yang memerlukan robot RAISA." ujar Prof Mochamad Ashari.
Pada kesempatan yang sama, Prof Cita Rosita Sigit Prakoeswa pun mengucapkan terima kasih atas dukungan Protelindo dalam memberikan Robot RAISA kepada RS Dr Soetomo. Sebab donasi ini sangat berguna dalam memberikan pelayanan di ICU kepada pasien Covid 19.
Menurut Prof Cita Rosita Sigit Prakoeswa, ide pembuatan robot ini sangat baik, karena dapat membantu beberapa pekerjaan sederhana tetapi menguras tenaga. Misalkan mengantarkan makanan, memonitor pasien, atau robot yang bisa membantu cleaning service.
sumber rri.co.id