Highlight

Tujuh Pasien Gangguan Jiwa Positif Covid-19

Rumah Sakit Jiwa (RSJ), Jawa Timur (Jatim) Menur saat ini sedang merawat pasien Orang Dendan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terinfeksi positif Covid-19. Setidaknya ada tujuh (7) pasien gangguan jiwa yang terkonfirmasi positif Covid-19.
"Jadi saat ini kami sedang merawat 7 pasien gangguan jiwa dengan Covid confirm positif," ungkap Direktur RSJ Menur, dr. M. Hafidin Ilham, Selasa malam (2/6/2020).
Sebelumnya, ada 12 pasien dengan gangguan jiwa yang terkonfirmasi sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Namun, pada Selasa (2/6/2020), lima orang diantaranya dinyatakan negatif pada tes swab, sedangkan 7 dinyatakan positif Covid-19.
"Ternyata setelah tes sampai dua kali, yang lima negatif, sehingga dipulangkan. Yang lainnya positif," tambahnya.
RSJ Menur sendiri, kata dr. Ilham, telah menyiapkan 112 bed khusus bagi pasien Covid-19. Kemudian 17 tempat tidur diantaranya, sengaja disiapkan dan disediakan bagi pasien positif Covid-19 namun dengan gangguan jiwa.
"Diantara 112 tersebut, ada 17 tempat tidur yang kami khususkan, kami siapkan maksudnya, untuk pasien jiwa yang dicurigai Covid," imbuhnya.
Sebelumnya pula, RSJ Menur hanya merawat 1 pasien ODGJ yang positif Covid-19, kemudian beberapa diantaranya pasien yang dengan gangguan depresi dengan adanya Covid-19.
sumber rri.co.id