Akibat Corona, Ratusan Pelaku Ekraf Belajar Entrepreneur
250 peserta pelaku ekonomi kreatif
(ekraf) mengikuti pelatihan daring penulisan iklan bertajuk “Kadabra”,
250 orang tersebut berasal dari 5 Destinasi Pariwisata Prioritas dan
kota kreatif di sektor kuliner, fashion, dan kriya, mereka mengikuti
pelatihan demi menjadi seorang entrepreneur atau wisausahawan.
Plt.
Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Frans Teguh
menjelaskan, Kadabra merupakan akronim dari kreativitas kata dalam
branding yang merupakan program pelatihan penulisan naskah iklan
dilaksanakan oleh Direktorat Pengembangan SDM (PSDM) Ekonomi Kreatif
Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan Vokraf.
“Para
pelaku ekraf akan mendapatkan pengetahuan tentang tips dan trik
mempromosikan produk atau jasa dengan teknik copywriting,” kata Frans
Teguh saat kick off Pelatihan Online Kadabra secara virtual, Kamis
(2/7/2020) .
Frans Teguh juga
menjelaskan, di kelas tersebut, nantinya para peserta akan mempelajari
dasar dan teknik menulis iklan agar produk dan jasanya lebih menjual dan
mampu bersaing dengan kompetitor.
“Semisal
dengan tagline yang catchy headline yang berirama, hingga narasi yang
menyentuh emosi sehingga dapat menjadi senjata baru untuk meningkatkan
bisnis para peserta,” imbuhnya.
Saat
kick off Pelatihan Online Kadabra hadir pula sebagai narasumber Fini
Silmi Febriyani perwakilan dari Vokraf dan Direktur PSDM Ekraf
Kemenparekraf/Baparekraf Muh. Ricky Fauziyani.
Muh.
Ricky Fauziyani dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan
untuk memberikan informasi tentang mengolah kreativitas kata untuk
branding melalui teknik menulis iklan.
“Pelatihan
ini kami harapkan bisa memberi manfaat tersendiri dan meningkatkan
skill penjualan para pelaku ekraf dalam mempromosikan produknya, bisa
dengan tulisan atau narasi di video,” pungkas Ricky.