Highlight

Deretan Kuliner Khas Idul Adha di Dunia

Hari Raya Idul Adha memang bukan hanya umat Islam di Indonesia saja yang merayakan, tetapi semua Negara dengan mayoritas penduduk Islam pun ikut memperingati hari kemenangan ini. Setiap tahunnya, umat Islam di seluruh dunia merayakan hari suci ini bersama keluarga dan teman.
Hari Idul Adha tersebut diperingati sebagai hari pengorbanan yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim yang menyembelih anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail. Kalau di Indonesia, biasanya makanan khas yang selalu disajikan di meja makan saat Idul Adha adalah rendang. 
Namun di negara lain ada pula makanan yang harus ada atau tersaji di saat Idul Adha. Apa saja menu makanannya? Berikut makanan khas Idul Adha di berbagai Negara.
1. Sac Kavurma di Turki
Banyak makanan khas Turki yang enak selain kebab dan baklava. Mungkin ini adalah hidangan terbaik dari Negara ini. Sac Kavurma adalah daging domba atau daging sapi yang dicampur dengan tomat dan paprika hijau dan dimasak di piring besi yang sangat tipis.
Hidanan penutup yang wajib ada adalah Revani. Revani ini makanan penurup yang sangat sulit dibuat. Revani adalah kue semolina yang direndam di dalam sirup. Kue ini begitu manis dan enak.
2. Maamoul di Lebanon
Tak lengkap rasanya kalau Idul Adha tidak ada makanan ini. Di Lebanon, Maamoul merupakan makanan wajib saat Idul Adha. Kue kering manis ini tak hanya ada di Lebanon, tapi di Jordan, Palestina, dan Syiria. Kue kering ini dibuat dengan campuran air mawar dan diisi dengan kurma, kenari atau pistacihio.
3. Nasi Biryani dan Malpua India
Jika di Indonesia terkenal dengan nasi kebuli berbeda di India yakni nasi Biryani. Makanan sederhana ini terbuat dari beras dengan bumbu rempah, sayuran dan daging domba. Makanan ini tidak hanya disajikan saat Idul Adha saja, tapi di perayaan lainnya seperti pernikahan. Nasi Biryani ini biasa dibuat dalam porsi besar. Selain nasi Biryani, ada juga Malpua.
Malpua merupakan makanan penutup khas India yang dibuat dengan adonan tepung, susu, dan kapulaga. Kue yang bentuknya menyerupai pancake ini dipanggang sampai krispi lalu disajikan dengan Rabri. Rabri adalah salah satu bahan utama untuk membuat makanan penutup khas India. Terbuat dari susu, gula, rempah, dan kacang.
4. Tagine dan Mhanca di Maroko
Tagine merupakan makanan yang harus ada di setiap perayaan Idul Adha. Sayuran dan daging, ayam atau ikan yang dimasak perlahan di panci masak berbentuk segitiga yang disebut tagine. 
Makanan penutup satu ini juga wajib dihidangkan saat Idul Adha. Mhanca adalah pastry tradisional yang diisi dengan almond dan air bunga jeruk.