Highlight

Etika Batuk dan Bersin yang Patut Dipatuhi

Virus corona COVID-19 saat ini masih menyebar ke seluruh dunia. World Health Organization (WHO) sendiri telah mengakui bahwa corona dapat menyebar melalui udara.
Menurut WHO, virus corona dapat menyebar melalui orang yang terinfeksi atau sakit kepada orang yang sehat. Penyakit dapat dengan mudah menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk.
"Itu sebabnya penting untuk menjaga jarak 1 meter lebih dari orang yang sakit. Hingga kini belum ada penelitian yang menyatakan virus corona COVID-19 bisa menular melalui udara," jelas WHO seperti dikutip dari situsnya, Selasa (24/3/2020).
Untuk itu, dibutuhkan etika batuk di dalam ruangan, berikut etika batuk yang benar menurut WHO untuk mencegah penularan virus corona:
1. Tutup mulut dan hidung saat batuk dengan lengan baju dalam atau tisu agar virus tak menyebar ke udara
2. Buang tisu yang telah dipakai buat batuk ke tong sampah
3. Segera cuci tangan pakai air bersih atau hand sanitizer
4. Gunakan masker
Dalam hal ini, WHO juga menyarankan jika Anda sakit maka tetap tinggalah di dalam rumah. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda.
sumber rri.co.id