Highlight

Seleksi CPNS Tahun 2020 Belum Jelas

Kabar rencana pembatalan seleksi CPNS tahun 2020, membuat khawatir para pencari kerja di Kota Palangka Raya.
Terutama bagi mereka para lulusan sarjana maupun SLTA minimum, untuk menjadi abdi negara.
Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia Palangka Raya Sahbirin Muhtar, belum dapat memberikan komentar detil, karena belum menerima informasi pasti perihal pembatalan tersebut.
“Memang secara resmi kami belum mendapatkan surat edaran dari MenPAN RB, meski kami juga mendengar isu adanya penundaan seleksi CPNS tahun ini, apa mau dikata, kita hanya menjalankan instruksi dari pusat,” kata Muhtar kepada RRI, Selasa (14/7/20)
Kendati demikian, untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sisa lulusan CPNS tahun ini, tetap bisa dilanjutkan yang dijadwalkan sekitar Bulan September dan Oktober.
“Di masa pandemi saat ini, pemerintah tentu memiliki pertimbangan matang untuk  menggelar atau tidaknya seleksi CPNS. Apalagi tiap kali penerimaan selalu menarik minat ribuan pelamar, hal ini dampak dari terus meningkatnya angka pengangguran di indonesia dan sejumlah daerah,” pungkasnya.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo menegaskan tidak ada seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2020.
Hal yang sama juga berlaku untuk sekolah kedinasan. Namun penundaan seleksi tidak berlaku untuk sekolah khusus Badan Intelijen Negara (BIN).
"Sebabnya, karena ada pandemi Covid-19. Maka, alokasi 2020 dialihkan untuk 2021," ujarnya seperti dalam rilis yang diterima wartawan, Selasa (7/7/2020).
Sebelumnya, kegiatan seleksi CPNS masih berlangsung sampai tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020.
Namun, tahap selanjutnya tertunda juga dikarenakan pandemi corona. Menanggapi hal itu, Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengaku tidak jadi soal tidak ada penerimaan CPNS pada 2020. 
Seperti diketahui, BKN merupakan badan penyelenggara seleksi CPNS dimana mereka dibantu oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dalam proses rekrutmen.
Sementara itu, Kementerian PAN RB merupakan pihak yang menyelenggarakan dan mengawasi jalannya seleksi CPNS 2019 agar pelaksanaan dapat berjalan lancar dan aman.
KemenPAN-RB juga yang mengatur banyaknya jumlah peserta yang nantinya akan diterima sebagai CPNS 2019.
Di tahun ini, KemenPAN-RB dan BKN sama-sama berperan dalam pelaksanaan SKB CPNS 2019 pada September-Oktober 2020 mendatang.
sumber rri.co.id