Highlight

Izin Edar Obat Covid-19 Diminta Segera Dikeluarkan

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) diminta untuk segera mengeluarkan izin edar bagi obat Covid-19 yang telah berhasil diracik oleh Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Sukamta mengatakan, kerja keras para peneliti Indonesia itu merupakan kado terindah dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

"Obat ini menjadi terobosan luar biasa bagi proses penyembuhan pasien Covid-19 dan merupakan temuan obat pertama di dunia yang dihasilkan oleh kolaborasi hasil kerja sama TNI AD, BIN dan Tim Kedokteran Unair. Kita patut mengapresiasi dan bangga atas hasil uji klinis fase 3 yang menunjukan hasil lebih dari 90 persen efektif menyembuhkan pasien COVID-19," katanya dalam keterangan pers, Senin (17/8/2020).

Untuk itu, Sukamta kemudian mendorong agar BPOM segera mengeluarkan izin edar, sehingga obat tersebut dapat diproduksi secara massal.

"Kami berharap BPOM bisa memberikan verifikasi secepatnya sesuai prosedur yang ada dengan waktu singkat sehingga bisa membantu masyarakat banyak lebih cepat," pesan legislator asal Daerah Pemilihan (Dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Diharapkannya dengan diproduksi secara massalnya obat tersebut, semua pasien Covid-19 dapat sembuh seperti sedia kala lagi.

"Sekali lagi selamat kepada semua pihak yang telah berjuang. Semoga Tuhan YME memberikan balasan terbaik, pasien yang sakit COVID-19 bisa sembuh dan pandemi ini segera berakhir sehingga kita bisa hidup normal kembali," tukas Sukamta.