Highlight

Lima Langkah Ini Wajib Dilakukan Usai Olahraga

 Usai berolahraga ada beberapa hal penting yang wajib anda jalani. Hal tersebut wajib dijalani karena anda tetap dalam aman dan bersih baik jiwa maupun raga.

Apa saja langkah-langkah yang wajib anda lakukan usai olahraga? Simak tipsnya di bawah:

1. Mandi dan pisahkan pakaian kotor

Saat berolahraga anda akan memproduksi banyak keringat. Keringat membuat kuman bersarang pada tubuh dan berpotensi mendatangkan penyakit. Apalagi di tengah pandemi corona seperti ini, membersihkan tubuh pasti diwajibkan setiap usai menyelesaikan aktivitas.

2. Jangan melakukan kegiatan berat

Ketika anda mempunyai jadwal yang dirasa sangat melelahkan ada baiknya jangan melakukan olahraga pada hari yang sama. Jadwal olahraga dapat anda susun pada hari berikutnya.

Hal ini dilakukan lantaran otot tubuh anda harus segar sebelum berolahraga dan segera melakukan perenggangan setelahnya. Jika anda nekat melakukan keduanya di hari bersamaan hal itu beresiko membuat cedera.

3. Tidak boleh bermalas-malasan

Usai olahraga anda memang diwajibkan untuk beristirahat agar otot tidak lemah. Namun, masih banyak yang salah mengartikan kata istirahat.

Banyak dari mereka memilih beristirahat sambil memakan cemilan snack. Jika anda melakukan hal itu, maka dipastikan olahraga anda akan sia-sia. Cobalah cari aktivitas lain, misalnya menonton film dengan memakan buah-buahan atau makanan seat.

4. Mengganti cairan dengan benar

Berolahraga memang menguras cairan tubuh, membakar kalori untuk menjadikannya energi. Satu hal yang harus Anda ingta, jadwalkan minum dan makan setelah 30 menit berolahraga. 

Air mineral cukup untuk untuk mengganti cairan tubuh yang hilang usai olahraga, serta makanan berprotein tinggi cocok untuk mempercepat pemulihan pascaolahraga.

5. Istirahat cukup

Jangan menyepelekan istirahat dan tidur yang cukup. Berolahraga memang wajib tapi anda juga wajib istirahat dengan cukup. Bahkan, atlet profesional saja butuh waktu lebih dari satu hari untuk melakukan istirahat yang cukup.

Saat ingin tubuh bagus dan sehat, ada baiknya Anda juga menghargai tubuh dengan memberikannya istirahat yang cukup. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi makanan yang sehat.

sumber rri.co.id