Highlight

New Normal atau era tatanan masyarakat bar

 New Normal atau era tatanan masyarakat baru yang muncul saat pandemi ini berlangsung masih memunculkan korban baru yang terkapar corona. Bahkan mungkin lebih banyak daripada sebelum pelaksanaan new normal.
.
.
Kemenkes setiap hari selalu mengupdate jumlah yang terkapar corona dilengkapi jumlah yang sembuh dan jumlah yang meninggal. Dan pada jumlah yang terkapar setiap harinya masih menganjak diangka ribuan.Banyak orangpun menjadi cemas dengan angka yang terpampang pada media.
.
.
Semua media selalu mengupdate jumlah korban yang terkapar corona baik media sosial maupun elektronik.Sehingga ketika kita membuka media sosialpun sering dibuat terbelenga melihat jumlah yang signifikan yang terkapar corona. Alhasil ketakutan kecemasan sering melanda diri kita.
.
.
Banyak dari kita masih berfokus pada jumlah korban yang terkapar.Mulai sekarang kita coba memutar balik mindset kita dengan tidak berfokus pada yang terkapar melainkan fokus pada yang sehat. Kita coba membuka mata dan telingan lebih lebar bahwa sebenarnya mereka yang menjadi korban juga sudah banyak yang sehat. Mereka yang sehat ini harusnya menjadi energi bagi kita untuk menghilangkan rasa ketakutan dan kecemasan.
.
.
Memang virus ini belum ditemukan vaksinnya dan penawarnya hanyalah imunitas.Sedangkan imunitas akan mampu dibentuk lewat "mood" atau perasaan bahagia.Karena dengan bahagia maka imunitas akan meningkat dengan bahagia maka akan mampu memperpanjang usia.Sebaliknya jika kita setiap hari menikmati jumlah angka yang terkapar corona dan menjadikan kita menjadi was-was dan dihantui rasa takut maka itu juga akan melemahkan imun dalam diri.
.
.
Imun dapat dibentuk oleh dirinya sendiri begitupun rasa bahagia.Tak bisa diberikan orang lain tak bisa didermakan ke orang lain.Karena sumber bahagia ada dalam hati kita masing-masing. Dan salah satu pembangkit bahagia adalah senantiasa mendengarkan kabar yang positif.Untuk itu mulai sekarang hilangkan kecemasan dan ketakutan dalam.diri dengan fokus pada mereka yang sehat.Bahagia kita dapat maka imun akan menjadi lebih kuat🌹🌹

oleh nur chasanah, S.Psi, MM, M.Psi, Psi