Highlight

Kegiatan Pembinaan Pansel JPT Secara Virtual oleh KASN Menghemat Anggaran Negara Sekitar 3,75 Miliyar

 Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyelenggarakan Pembinaan Nasional Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), ini merupakan kegiatan pelatihan Panitia Seleksi (Pansel) JPT perdana yang dilakukan secara virtual.

Pelaksanaan kegiatan pembinaan nasional panitia seleksi pengisian JPT yang diselenggarakan oleh KASN ini akan diselenggarakan pada 3 (tiga) batch, yakni: Sesi pertama berlangsung pada Senin, 14 September 2020 dengan peserta adalah perwakilan Panitia Seleksi (Pansel) dan Calon Pansel untuk unsur Kementerian/Lembaga/Akademisi/pakar independen. Lalu Sesi kedua berlakan dilaksanakan Selasa, 16 September 2020 dengan peserta dari perwakilan Pansel dan Calon Pansel untuk unsur Provinsi/Kabupaten/Kota. Selanjutnya akan diselenggarakan kembali pada sesi terakhir Jumat, 18 September 2020 peserta nantinya terdiri dari para alumni kegiatan Getting That Selection Right yang pernah diselenggarakan oleh KASN.  Kegiatan yang dibuka oleh Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto MDA ini, dihadiri oleh ratusan peserta secara virtual baik melalui zoom maupun live youtube KASN RI.

 

vir2

 

Komisioner KASN Bidang Pengawasan Pengisian  Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 1, Dr. Rudiarto Sumarwono menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah memberikan pemamahan kepada Pansel seputar informasi mengenai kebijakan pengisian JPT.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah memberikan pemamahan kepada Pansel tentang regulasi pengisian JPT, rincian aspek standar kompetensi JPT, dan tata cara Pansel dalam melakukan elaborasi kompetensi kepada peserta seleksi terbuka”, ujar Rudi

 

vir3

 

Lebih lanjut, Komisioner KASN ini juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pembinaan nasional panitia seleksi pengisian JPT ini mampu menghemat anggaran belanja negara sekitar Rp. 3,75 miliar.

“Kegiatan ini (pelaksanaan pembinaan nasional panitia seleksi pengisian JPT) dapat menghemat anggaran belanja negara sekitar Rp. 3,75 miliar. Tentu hal ini adalah inovasi baru bagi agenda pencegahan pelanggaran sistem merit dan agenda melahirkan pejabat pimpinan tinggi yang memiliki kompetensi, kualitas, dan profesionalisme”, tambah Rudi.

Penghematan anggaran ini, dikarenakan peserta tidak perlu hadir secara fisik  untuk mendapatkan materi pelatihan. Dengan penghematan 3,75 miliar dalam kegiatan Pembinaan Pansel yang diselenggarakan KASN tentu ini menjadi inovasi kebijakan dalam pelayanan publik di masa pandemi covid-19. Dr. Rudiarto Sumarwono juga memastikan bahwa walau pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara virtual tidak mengurangi kualitas dalam penyampaian materi oleh para narasumber.

 “Kegiatan pembinaan Pansel pengisian JPT secara virtual yang diselenggarakan oleh KASN adalah inovasi baru di tengah masa pandemi covid-19. Dahulu pembinaan dan sosialisasi dilakukan secara langsung dan memerlukan anggaran banyak, namun sekarang dengan memanfaatkan teknologi dapat melakukan efisiensi anggaran” jelas Rudi.

 

vir4

 

Ketua Pelaksana kegiatan yang juga sekaligus Asisten KASN Bidang Pengawasan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 1, John Ferianto menyampaikan bahwa KASN menghadirkan narasumber-narasumber ternama dari internal dan eksternal KASN untuk memberikan materi spesifik yang dibutuhkan oleh Pansel.

“Kegiatan Pembinaan Pansel ini dihadiri narasumber internal seperti Dr. Rudiarto Sumarwono selaku Komisioner KASN, para Asisten KASN Bidang Pengawasan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 1. Kami juga mengundang narasumber eksternal seperti Prof. Eko Prasodjo selaku Dekan FIA Universitas Indonesia yang juga mantan Wakil Menteri PANRB, dan Drs Teguh Widjinarko, MPA selaku Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB” ujar John Ferianto.

Adapun tema yang akan dibahas mulai dari seputar regulasi terbaru tentang pengisian JPT, standar kompetensi JPT, kode etik Pansel, dan elaborasi pemahaman peserta pengisian JPT.

 

vir5

 

Diakhir kegiatan, Prof. Eko Prasodjo selaku narasumber Batch 1 ini menyebutkan:

"Menjadi Pansel adalah apresiasi dan kepercayaan dari negara. Mari kita sebagai Pansel harus meningkatkan kompetensi dan objektifitasnya dalam memberikan penilaian karena baik buruknya negara ini ditentukan oleh Pejabat Pimpinan Tinggi, mengingat ia adalah interseksi dari jabatan politik dan jabatan birokrasi", ujar Prof Eko.

 

vir6

 

Senada dengan Prof. Eko, hal serupa juga diungkapkan oleh Plt Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko

"Tanggung jawab terbesar seorang Pansel adalah memilih 3 (tiga) terbaik peserta seleksi terbuka. Disitulah objektifitas dan hasil penilaian kita harus dilakukan dengan baik. Karena apabila tidak dilakukan dengan baik akan menyangkut masa depan orang, masa depan instansi, dan masa depan kita sebagai Pansel mengingat kredibilitas kita menjadi pertahuran dari itu. Seorang Pansel juga harus memiliki kode etik dan ini adalah tugas KASN untuk melakukan penegakan kode etik tersebut kepada Pansel", tambah Teguh.

Pandu Wibowo, M.E selaku perwakilan tim teknis kegiatan menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini adalah sebuah inovasi dan juga hal baru, karena dilakukan secara virtual dan dihadiri oleh ratusan peserta dengan 3 (tiga) batch sekaligus.

“Kegiatan pembinaan dan sosialisasi melalui virtual ini adalah sebuah inovasi dan hal baru bagi kami tim teknis dalam mempersiapkan keseluruhan acara. Kami memastikan betul SOP yang telah dibuat berjalan dengan baik, mulai dari memastikan kehadiran narasumber dan para peserta, serta yang terpenting adalah memastikan segala perlengkapan, peralatan, dan juga jaringan internet berjalan dengan baik dalam mendukung pelaksanaan acara. Bersyukur semua anggota tim teknis sangat kompak dan siap mengawal pelaksanaan acara ini sampai berhasil dan dapat memuaskan bagi peserta sampai akhir nanti”, ujar Pandu.