Highlight

Vaksin COVID-19 Rusia Gratis untuk Sukarelawan PBB

 Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa mengusulkan diadakannya konferensi internasional online bagi negara-negara yang tertarik untuk bekerja sama dalam pengembangan vaksin virus corona.

Berbicara pada sesi ke-75 Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui tautan video, Putin mengatakan Rusia siap berbagi pengalamannya dalam pengembangan vaksin dan memasok vaksin Sputnik V ke negara lain dan entitas internasional.

"Rusia yakin bahwa semua kapasitas industri farmasi global perlu digunakan untuk memberikan akses vaksinasi gratis bagi penduduk di semua negara di masa mendatang," katanya, Selasa (22/9/2020).

Putin mengatakan Rusia juga menerima imbauan dari staf PBB untuk memberikan vaksinasi COVID-19 untuk relawan PBB dengan vaksin virus corona negara itu.

"Kami menawarkan memberikan vaksin kami secara gratis, untuk vaksinasi sukarelawan staf PBB dan kantornya," katanya, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Rabu (23/9/2020).

PBB menyatakan berterima kasih atas tawaran Presiden Rusia Vladimir Putin tersebut. 

"Kami berterima kasih kepada Presiden Putin atas tawaran dermawannya yang akan dipelajari oleh layanan medis kami," kata juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric seperti dikutip dari TASS.