Highlight

Anggota TNI Koramil 07/Gajah Jalani Tes Swab

 

Demak – Dalam rangka menekan angka penyebaran virus Covid-19 dan memastikan kondisi kesehatan prajurit jajaran Kodim 0716/Demak, anggota Koramil 07/Gajah melaksanakan test swab di Puskesmas Gajah I , Selasa (13/10/2020). Sejumlah anggota TNI tersebut sebelum di ambil samplenya mengisi formulir data diri dan riwayat kesehatan.

Kepala Puskesmas Gajah l dr Lutfi, yang turut memantau pelaksanaan swab mengatakan, test swab dilakukan kepada anggota TNI Koramil guna mencegah secara dini penyebaran virus Covid-19 di lingkungan prajurit TNI. Terutama di jajaran Kodim 0716/Demak, sehingga penyebaran virus ini dapat diketahui.

“Atas petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, kita lakukan test swab kepada anggota Koramil Gajah. Hal ini merupakan lanjutan beberapa waktu yang lalu, yang mana tim DKK melakukan test swab kepada anggota kodim diDemak” jelasnya.

Aktivitas anggota TNI dalam satuan teritorial yang selalu bersinggungan dengan warga masyarakat dakam keseharianya, menjadikan para prajurit rentan dan berpotensi terpapar virus di masa pandemi. Untuk itu harus di pantau kesehatannya melalui pengambilan sample test swab.

“Mengingat mereka termasuk garda terdepan dalam penanganan Covid-19, selain tim medis dan Kepolisian.
Mereka (TNI-red), selalu hadir di tengah masyarakat dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga kemungkinan terkonfirmasi Covid-19 juga besar. Oleh karenanya perlu dilakukan test swab,” imbuh Lutfhi.

Terpisah, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohammad Ufiz mengatakan, test swab yang dilakukan kepada prajurit di jajaran kodim Demak sebagai upaya mendukung progam pemerintah dalam pencegahan dini penyebaran virus Covid-19 di lingkungan TNI.

“Nantinya semua anggota Koramil di jajaran Kodim 0716/Demak akan di swab. Kita sudah koordinasikan dengan DKK Demak,” katanya.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, jika ada salah satu anggotanya terkonfirmasi Covid-19, maka akan diambil tindakan sesuai protocol kesehatan. Yakni dengan karantina mandiri dan upaya pencegahan lainnya.

“Test swab sangat diperlukan oleh prajurit saya. Karena mereka selalu berbaur dengan masyarakat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Semoga mereka tetap sehat dan kita semua terhindar dari virus ini,” pungkas Dandim.