Highlight

Anugerah ASN 2020 Masuki Tahapan Seleksi Administrasi

 

20201001 Anugerah ASN 2020 Masuki Tahapan Seleksi Administrasi 1

Sekretaris Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Mudzakir pada Rapat Pelaksanaan Seleksi Administrasi Anugerah ASN 2020 di Jakarta, Rabu (30/09).

 

JAKARTA – Gelaran Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020 saat ini telah memasuki seleksi administrasi. Tahapan ini akan menyeleksi 945 usulan pada tiga kategori yang telah diusulkan hingga 9 September lalu untuk maju ke Seleksi Tahap I.

“Total usulan yang masuk pada Anugerah ASN 2020 ini telah disampaikan pada dewan juri dan seleksi administrasi ini akan menghasilkan short list dari masing-masing kategori,” jelas Sekretaris Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir pada Rapat Pelaksanaan Seleksi Administrasi Anugerah ASN 2020 di Jakarta, Rabu (30/09).

Mudzakir menyampaikan bahwa pada pertemuan virtual dengan seluruh dewan juri pada pekan lalu telah disepakati mengenai mekanisme pelaksanaan seluruh tahapan penjurian. Pada seleksi administrasi ini, dewan juri dibantu oleh tim teknis dalam membuat short list dari masing-masing kategori.

 

20201001 Anugerah ASN 2020 Masuki Tahapan Seleksi Administrasi 2

 

Meskipun dibantu oleh tim teknis, Mudzakir menekankan bahwa seleksi tersebut dilakukan secara objektif yang berdasarkan persyaratan administrasi yang telah ditentukan dan yang memenuhi kriteria penilaian. Adapun kriteria tersebut meliputi kepemimpinan, inspirasi, inovasi, serta dampak dari masing-masing usulan di tiap kategori.

Bertindak sebagai ketua dewan juri pada pelaksanaan Anugerah ASN 2020 ini adalah Presenter Senior Helmy Yahya. Anggota dewan juri meliputi Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, Penulis dan Jurnalis Senior Maman Suherman, Chief of Executive Officer Good News From Indonesia Wahyu Aji, Pegiat Digital Literasi Ahmad Nugraha, dan Pegiat Perpustakaan Digital Sulasmo Sudharmo.

 

20201001 Anugerah ASN 2020 Masuki Tahapan Seleksi Administrasi 3

 

Sebagai informasi, tahap pendaftaran Anugerah ASN 2020 dibuka selama 45 hari sejak 27 Juli 2020. Hingga hari terakhir penutupan pada 9 September 2020, terdapat 945 usulan untuk tiga kategori dengan rincian kategori PNS Inspiratif sebanyak 732 usulan, kategori The Future Leader sebanyak 142 usulan, dan 91 usulan pada kategori Pimpinan Pejabat Tinggi (PPT) Teladan.

Hasil short list dari seleksi administrasi ini akan langsung diserahkan ke dewan juri untuk melanjutkan proses penilaian. Tahapan penilaian dari dewan juri atas short list tersebut merupakan Seleksi Tahap I yang akan berlangsung hingga 7 Oktober 2020 dan hasilnya akan diumumkan kemudian.

Mudzakir juga menekankan bahwa pelaksanaan seluruh tahapan Anugerah ASN 2020 ini menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. “Mengingat pelaksanaan Anugerah ASN 2020 ini dilakukan dalam masa pandemi Covid-19, berbagai penyesuaian pun harus dilakukan agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” pungkasnya.