Highlight

Gowes Olahraga Favorite Untuk Meningkatkan Imun Di Masa Pandemi

 

DEMAK – Berbicara tentang tren sepedaan atau gowes ada semacam klub pengayuh sepeda yang anggotanya mulai dari balita hingga usia senja. Sekretaris Desa Karangsari, Puji Ramadhan, yang juga salah satu anggota klub mengatakan, perkumpulan gowes yang digawangi oleh Agus manto, Eko Sulistyawan ini merupakan sarana silahturahmi sosial warga yang dikemas dengan kegiatan olah tubuh yaitu sepeda.

“Rute bersepeda mereka biasanya berganti ganti tiap minggu, tetapi prioritas memang jajah desa milang kori  atau bisa diungkap secara singkat menjadi touring ke desa desa”.

” Untuk rute jauh hingga luar kota seperti grobogan, inipun juga dibalut dengan rasa wisata sebab mengunjungi destinasi api mrapen disana” Tambahnya.

Lain lagi dengan klub sepeda lipat Demak atau Dekseli, Nurhadi Wijaya salah satu anggotanya mengatakan, klub sepedanya sudah rutin melakukan gowes jauh sebelum pandemi. ” Setiap minggu kami gowes bareng selain untuk silaturahmi juga sharing sesama anggota. Juga sering mengikuti event diluar kota, namun dimasa pandemi kita kurangi jumlah peserta untuk gowesnya. Sedangkan event dari luar kota kita juga ikuti secara virtual melalui aplikasi yang telah ditentukan panitianya” Jelas Nurhadi.

Diketahui selama pandemi olah raga gowes menjadi alternatif olah tubuh yang favorit untuk meningkatkan imun. Banyak kelompok sepeda yang bermunculan tan pa mengenal usia dan jenis sepeda. Dari pengamatan dilapangan anggota klub pit pitan ini sangat menikmati kebersamaan. Mereka tetap berkumpul dengan menggunakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan tidak bersalaman antar anggota.

Pepatah dan nasihat para tetua, tak ada masalah tanpa solusi. Maka di tengah kebijakan pembatasan sosial dan fisikal akan terlalu kentara Ketika kumpul di satu titik. Untuk itu lebih baik kumpul dengan tetangga sendiri namun dalam kemasan yang berbeda dan memiliki tujuan positif.