Highlight

Peta Pendidikan Harus Bisa Berkelanjutan

 Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menyatakan, peta jalan pendidikan yang sedang dirumuskan diharapkan bisa berkelanjutan mulai dari periode 2020-2035, untuk menjawab kebutuhan pendidikan masa depan.

"Peta jalan pendidikan sebagai kebijakan pendidikan harus berkesinambungan dan berkelanjutan dalam waktu panjang," kata Syaiful, Selasa (6/10/2020).

Peta jalan pendidikan ini, lanjut Syaiful, harus dijalankan semua Mendikbud yang sedang menjabat ke depan. Dengan begitu kualitas pendidikan Indonesia bisa terukur. 

"Artinya, tidak ada istilah ganti menteri ganti kebijakan," ujarnya. 

Politisi PKB ini juga mendesak Kemendikbud agar melibatkan kementerian dan lembaga lain untuk menyusun peta pendidikan ini agar lebih komprehensif, sesuai konstitusi untuk menjawab kebutuhan pendidikan masa depan.

"Menekankan substansi pendidikan karakter dan parenting mendapatkan porsi yang besar dalam peta jalan pendidikan," jelasnya. 

"Penyusunan peta jalan pendidikan harus memperhatikan layanan pendidikan anak berbakat dan skema peningkatan mutu guru sehingga tercipta peningkatan rerata angka partisipasi pendidikan," pungkasnya.