Highlight

Sosialisasikan Sepak Terjang Kementerian PANRB dalam KLP Fest 2020

 

20200929 Sosialisasikan Sepak Terjang Kementerian PANRB dalam KLP Fest 2020 1

 

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB) menjadi salah satu dari 55 kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang turut serta dalam KLP Fest 2020. Ini menjadi tahun ketiga dimana Kementerian PANRB berpartisipasi dalam acara tahunan yang diselenggarakan oleh Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tersebut.

Acara yang mengangkat tema Pengelola Keuangan Unggul Untuk Indonesia Maju ini menjadi ajang bagi para calon lulusan PKN STAN untuk menentukan instansi tempatnya akan bernaung nanti sebagai pengelola keuangan. Pada kesempatan yang sama, para instansi pemerintah yang berpartisipasi dalam ajang ini juga memperkenalkan dan menyampaikan informasi yang relevan kepada para calon lulusan PKN STAN.

Menurut Koordinator Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB Ita Yulita, ajang ini tidak hanya memperkenalkan sepak terjang Kementerian PANRB kepada para lulusan PKN STAN, tapi juga untuk mempromosikan agar mereka tertarik untuk bergabung di Kementerian PANRB. “Intinya kita memperkenalkan kiprah Kementerian PANRB itu seperti apa untuk mengundang mereka (lulusan STAN) ke instansi kita,” ujarnya usai menyampaikan materi sosialisasi di KLP Fest 2020 secara virtual, Selasa (29/09).

 

20200929 Sosialisasikan Sepak Terjang Kementerian PANRB dalam KLP Fest 2020 2

 

Dalam sosialisasi tersebut, Ita juga menonjolkan berbagai pengembangan diri yang bisa didapatkan oleh para lulusan STAN yang bergabung dengan Kementerian PANRB. Beberapa diantaranya adalah kesempatan untuk meningkatkan kompetensi diri melalui tugas dan izin belajar, mengikuti beragam pelatihan dan magang di Kementerian Keuangan dan World Bank, serta pengembangan diri terstruktur tiap pegawai melalui Human Capital Development Program (HCDP).

Dikatakan Ita, adanya beragam kesempatan ini juga didorong oleh keinginan dan motivasi kerja yang tinggi dari para pegawai Kementerian PANRB yang didominasi oleh generasi milenial. “57 persen pegawai kita berada di rentang usia 21-35 tahun. Jadi disini berbagai perkembangan dilakukan sangat cepat karena keinginan untuk berkembang dan motivasi kerja pegawai memang sangat baik,” imbuhnya.

 

20200929 Sosialisasikan Sepak Terjang Kementerian PANRB dalam KLP Fest 2020 3

 

Tahun ini, Kementerian PANRB mengusulkan 31 formasi lulusan PKN STAN 2020 untuk ditempatkan di setiap unit kerjanya. Sebanyak 18 orang yang diusulkan adalah lulusan D-III Akuntansi dan 13 orang lainnya adalah D-I Kebendaharaan Negara. Ita berharap agar 31 formasi tersebut dapat tercapai untuk mengisi peta jabatan di Kementerian PANRB. “Karena kita membutuhkan banyak pengelola keuangan, tidak hanya di SDMU, tapi juga di tiap unit kerja,” jelasnya.

Setidaknya sebanyak 2.447 calon lulusan PKN STAN menjadi peserta dalam kegiatan tahunan yang tahun ini digelar secara virtual tersebut. Acara ini akan berlangsung dari 29 September hingga 7 Oktober 2020 mendatang dan dapat disaksikan pada kanal Youtube KLP Fest 2020.