Highlight

Bupati Berkomitmen Membangun Kesetaraan Gender

 

DEMAK – Bupati Demak HM Natsir melalui sambutanya yang dibacakan Sekda Singgih Setyono dalam acara komitmen bersama kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) kabupaten Demak,Senin (23/11/20) di Gedung Gradhika Bina Praja mengatakan, agar semua OPD dapat memasukkan program kerja yang pro gender dalam pelaksanaan bidang tugas masing-masing. Termasuk tersedianya berbagai fasilitas diantaranya ruang laktasi. Hal ini sangat penting, mengingat masih ada stigma di masyarakat yang menyatakan bahwa posisi laki-laki lebih tinggi daripada perempuan.

Dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender itu sendiri, dibutuhkan perhatian serta keberpihakan seluruh elemen masyarakat. Maka, melalui kegiatan ini saya harapkan akan menumbuhkan kesadaran serta rasa kepedulian seluruh pihak dalam mendukung pelaksanaan pengarusutamaan gender, khususnya di Kabupaten Demak.

Kegiatan yang dihadiri seluruh kepala OPD dan kecamatan ini dibuka oleh sekda Singgih Setyono. Turut hadir mendampingi seluruh Assisten Pemerintahan, Kepala Bappeda litbang .

Lebih lanjut Sekda menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Demak terus berupaya untuk menekan kesenjangan gender. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 07 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan PUG. Sebagai implementasinya, beberapa OPD telah melaksanakan anggaran responsif gender dan Ini merupakan bukti nyata keberpihakan Pemkab Demak dalam kesetaraan gender.

Pada kesempatan tersebut kepala Bappeda Litbang Suhasbukit juga menyampaikan, menyampaikan bahwa salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan PUG di daerah adalah adanya komitmen dan keseriusan dari seluruh OPD . PUG di daerah diharapkan lebih konkret dan terintegrasi dalam mekanisme perencanaan dan penganggaran yang responsif gender. “Sangat diperlukan strategi yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki. Serta mengintegrasikannya ke dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terhadap seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang pembangunan” Jelas Suhasbukit.