Highlight

Ini Daftar Presiden Dunia Penerima Vaksin Pertama

 Vaksinisasi Covid-19 di Indonesia telah resmi berjalan pagi ini Rabu (13/1/2021). Bertempat di Istana, Presiden Joko Widodo bersama 21 orang dari lintas profesi, secara resmi mendapat vaksinasi perdana.

Selain itu, diketahui bahwa vaksin Covid-19 yang disuntikan kepada Jokowi merupakan vaksin Sinovac yang diproduksi dari China. Vaksinasi ini juga telah direstui oleh BPOM dan fatwa halal dari MUI. 

Menariknya, selain Jokowi, sejumlah pemimpin negara lain juga ikut menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19. Siapa saja? Berikut ulasannya, dihimpun dari berbagai sumber: 

1. Perdana Menteri Singapura 

Vaksin Pfizer-BioNTechd i Singapura pertama kali disuntikkan kepada Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada hari Jumat (8/1/2021) lalu di Rumah Sakit Umum Singapura (SGH). Hal tersebut dilakukan pada posko resmi vaksinasi untuk petugas kesehatan.

Institusi kesehatan umum, termasuk rumah sakit dan poliklinik, di Singapura akan memulai vaksinasi untuk staf mereka pada hari Jumat (8/1/2021) lalu. SGH memperkirakan sekitar 90 karyawannya akan mendapatkan vaksinasi pada hari pertama vaksinasi ini.

2. Perdana Menteri Israel 

Vaksinasi Covid-19 mulai dilaksanakan di Israel, Sabtu (19/12/2020) lalu. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjadi orang pertama yang disuntik vaksin, sebagaimana laporan Al Jazeera.

"Saya meminta yang meminta untuk divaksin pertama kali, bersama dengan Menteri Kesehatan Yuli Edelstein. Hal itu untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekaligus membujuk mereka untuk ikut vaksinasi," ujar Netanyahu seperti dikutip Antara, Minggu (20/12/2020).

3. Raja Arab 

Tidak hanya Singapura dan Israel, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud juga menerima dosis pertama vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTench pada Jumat (8/1/2021) lalu.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah kontak langsung kepada Raja Salman, penerimaan vaksin tersebut menjadi salah satu bentuk dukungan dari warga masyarakat sejak awal pandemi hingga saat ini.

“Hari ini, Raja menerima vaksin untuk mencegah dirinya terpapar virus, dan inisiarif ini berasal dari kerajaan mengutamakan pencegahan pengobatan pengobatan,” ungkap Al-Rabiah, mengutip Arab News, Sabtu (9/1/2021) lalu.

4. Presiden terpilih AS 

Presiden terpilih AS Joe Biden pada Senin (11/1/2021) lalu menerima dosis kedua vaksin Covid-19.

Empat minggu setelah dia diberikan suntikan pertama. Biden disuntik dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech di sebuah rumah sakit di Newark, Delaware, negara bagian yang menjadi tempat kelahirannya dan markas transisinya berada. Biden menerima dosis pertama pada 21 Desember.

5. Presiden Indonesia

Presiden Joko Widodo menjalani vaksinasi Covid-19 perdana buatan perusahaan asal China, Sinovac, pada Rabu (13/01/2021) di Istana Negara, Jakarta. Langkah Jokowi tersebut menandai program yang dimulainya vaksinasi massal Covid-19 di Indonesia.

Jokowi mengatakan pada petugas bahwa dia tidak pernah terdeteksi Covid-19 dan menderita penyakit bawaan, seperti diabetes maupun penyakit jantung.

"Nggak terasa sama sekali," katanya setelah menerima vaksin Coronavac.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi. Vaksinasi Covid-19 penting dilakukan untuk memutus rantai penularan virus corona.

"Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali tentang protokol pentinya protokol terhadap protokol kesehatan. Ini tetap terus kita lakukan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan hindar kerumunan,"kata Jokowi.

Menurut Jokowi, vaksinasi akan dilakukan di provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia.