Highlight

Kebutuhan Desa Harus terakomodir Dalam Musrenbangcam

 DEMAK - Plh Bupati Demak Djoko Sutanto dihadapan peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam)  menyampaikan ada lima prioritas utama pembangunan di Kabupaten Demak tahun 2022. 

Yakni peningkatan kualitas dan aksesibilitas pelayanan pendidikan dan kesehatan. Kedua, percepatan pembangunan infrastruktur terutama di kawasan pesisir, pertanian dan pusat pertumbuhan/pusat produksi. Ketiga percepatan pemulihan ekonomi masyarakat. Keempat, peningkatan keberdayaan, perlindungan dan rehabilitasi sosial. Dan Kelima pengembangan inovasi daerah melalui teknologi tepat guna. 

“Buatlah usulan kebutuhan masyarakat, misal dalam rangka penanganan banjir di desa Kalisari dan Sayung yang diapit dua sungai Dombo dan Babon hendaknya disikapi dengan usulan pengadaan pompa air, pembuatan rumah pompa atau anggaran kegiatan pembuatan pompa, " Jelas Djoko Sutanto. 

" Usahakan jangan ada pengadaan yang hanya didasarkan pada keinginan, tapi kebutuhan yang mendesak di masing-masing desa. Kebutuhan tersebut sudah harus terakomodir pada musrenbangcam”, tambah plh Bupati. 


Sebagai Informasi Kegiatan Musrenbangcam RKPD Tahun 2022 digelar Pemerintah Kabupaten Demak dengan daring melalui Zoom meeting dari ruang Command Center, Selasa ( 16/2/21). Turut hadir mendampingi plh bupati Sekretaris Daerah Singgih Setyono, para asisten sekda, Kepala Bappeda Litbang . 

Kegiatan ini diikuti Camat se kabupaten Demak, anggota DPRD dari masing masing Dapil, Kades dan Lurah Se Kabupaten Demak serta para tokoh masyarakat, pemuka agama. 

Sementara Sekda Demak Singgih Setyono  dalam paparannya menyampaikan ada enam isu utama yang menjadi permasalahan di kabupaten Demak, yakni kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, daya saing SDM, infrastruktur berkelanjutan, reformasi birokrasi dan indikator kinerja makro pembangunan daerah. 

“Angka kemiskinan di Demak masih relatief tinggi hal ini dapat kita lihat, masih ada warga atau rumah tangga miskin di 20 desa. Sehingga desa tersebut harus menjadi prioritas kita untuk tindaklanjutnya agar kemiskinan dapat teratasi”, papar Sekda