Highlight

DONOR DARAH DILINGKUNGAN BKPP KABUPATEN DEMAK

 Demak, 28 Oktober 2021 hari Kamis Pukul 09.00 WIB bertempat di Asrama BKPP Kabupaten Demak dilaksanakan Acara Bhakti Sosial Kegiatan Donor Darah. Kegiatan Donor Darah Melibatkan dari Karyawan dan Karyawati BKPP Kabupaten Demak beserta Peserta Diklat Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2021. Kegiatan Donor darah ini dipimpin oleh Sekretaris BKPP Kabupaten Demak Ibu HERMININGSIH, S.Sos, M.Si. Donor darah sendiri yang mengambil sampel dari Tim PMI Kabupaten Demak.

Pria boleh mendonorkan darahnya setiap 12 minggu (3 bulan) dan wanita dapat memberikan darahnya setiap 16 minggu (empat bulan)—maksimal 5 kali dalam 2 tahun—karena pria biasanya memiliki lebih banyak persediaan zat besi daripada wanita.

Nantinya, darah yang Anda donorkan akan diperiksa dan diuji keamanannya serta dikelompokkan berdasarkan golongan darah. Hal ini berguna agar darah yang diberikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasien dan dipastikan aman dari kemungkinan penyakit yang muncul di dalam darah.Selain untuk pasien, ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika rutin melakukan donor darah, yaitu:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Donor darah secara rutin diketahui bermanfaat untuk menurunkan kekentalan darah. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah.

Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah. Kondisi ini meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit jantung.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat donor darah selanjutnya adalah mencegah kanker. Ini juga masih berhubungan dengan jumlah zat besi yang berkurang saat melakukan donor.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute, kelebihan zat besi dapat menyebabkan kerusakan radikal bebas yang membuat Anda berisiko terhadap kanker dan penuaan.

3. Membantu menurunkan berat badan

Meski begitu, jangan menjadikan donor darah sebagai ‘ajang’ menurunkan berat badan. Donor darah secara berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

4. Mendeteksi penyakit serius

Bagi pendonor, pemeriksaan ini tentu saja berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini. Jadi selain membantu orang lain yang membutuhkan darah, Anda juga dapat mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

5. Membantu lebih sehat secara psikologis dan panjang umur

Manfaat donor darah yang tak kalah penting adalah fakta bahwa menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

 (bkpp korpri)