Highlight

Seminar Rancangan Aktualisasi Latsar CPNS Golongan III Angkatan 72-73 Bekerjasama dengan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah

 Demak, 19 Juli 2022 hari Selasa Pukul 08.00 WIB Bertempat di Ruang Kelas BKPP Kabupaten Demak dilaksanakan Acara Seminar Rancangan Aktualisasi Latsar CPNS Golongan III Angkatan 72 dan 73 Bekerjasama dengan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Peserta yang berjumlah 80 orang dibagi menjadi 8 kelas/kelompok dengan masing-masing kelompok berisi 10 orang. Kegiatan aktualisasi dimaksudkan untuk mendidik peserta Latsar dalam menerapkan nilai – nilai dasar ASN dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat yaitu BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif). Peserta Latsar CPNS diwajibkan membuat rancangan kegiatan yang akan dilakukan dengan menerapkan nilai – nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif).Seminar aktualisasi merupakan bagian dari salah satu Pelatihan Dasar CPNS. Pada evaluasi tersebut ada indikator penilaian diantaranya adalah kualitas penetapan isu, jumlah rencana kegiatan, kualitas rencana kegiatan, relevansi rencana kegiatan dengan aktualisasi dan teknik komunikasi. 

Pelatihan Paling Dasar Calon PNS atau disingkat dengan Latsar CPNS adalah syarat bagi Calon Pegawain Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2020 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis diklat ASN/PNS. Salah satu jenis diklat adalah Latsar CPNS (Golongan I, II, III) yang merupakan syarat pengangkatan CPNS untuk menjadi PNS sesuai golongan tersebut. Latsar CPNS dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

Penyelenggaraan Latsar CPNS Golongan III Angkatan 72 dan 73 tahun 2022 berjalan dengan baik dan rancangan aktualisasi perlu dukungan adanya inovasi – inovasi kreatif agar memberikan manfaat yang lebih dan akan menyukseskan tercapainya peningkatan kinerja di unit kerja berdasarkan nilai dasar BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif). 

Dalam seminar peserta latsar mempresentasikan laporan aktualisasinya dengan memaparkan aktualisasi yang dihasilkan dan merndapat apresiasi dari penguji atau menjadi bahan diskusi dan diberi masukan agar lebih baik dalam melanjutkan program dalam aktualisasinya.  Selain memaparkan hasil aktualisasinya para peserta juga kembali meneguhkan keyakinan untuk menjadi PNS yang benar-benar mengimplementasikan nilai-nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif), sebagai nilai dasar PNS. “Selama mengikuti latsar ini banyak sekali yang saya dapatkan baik materi-materi seperti BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif) yang sebelumnya saya tidak ketahui, para widyaiswara mengajarkan banyak hal dan juga dukungan dari teman-teman yang luar biasa. Saat saya ada kendala selalu dibantu dan didukung oleh rekan sekelompok saya ini”, ujar salah seorang peserta Latsar. Para peserta latsar angkatan 72 dan 73 ini telah menjalani pelatihan secara online melalui Learning Management System dari LAN RI, mengikuti seminar rancangan aktualisasi melalui online dan Kegiatan seminar aktualisasi ini merupakan kegiatan pamungkas dari rangkaian kegiatan latsar.