Highlight

UPACARA PENUTUPAN ORIENTASI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) PEMERINTAH KABUPATEN DEMAK TAHUN 2022

 Demak, 28 November 2022 hari Senin pukul 08.00 WIB Bertempat di Ruang Kelas Belimbing Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Demak dilaksanakan acara Penutupan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2022. Penutupan tersebut dipimpin oleh Bupati Demak Ibu dr. EISTI'ANAH, SE didampingi Wakil Bupati Demak Bapak KH. ALI MAKHSUN, M.S.I dan Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Demak Ibu HERMININGSIH, S.Sos, M.Si. Penyerahan Penghargaan Sangat memuaskan secara simbolis kepada 12 peserta dari masing-masing angkatan 1 sampai dengan angkatan 12.

Dasar pelaksanaan Orientasi PPPK :

Undang – Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; 

Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja; 

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja; 

Keputusan Kepala LAN Nomor 289/K.1/PDP.07/2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja; Peraturan Bupati Demak Nomor 38 Tahun 2022 tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten Demak Tahun Anggaran 2022.

 1. Dalam kegiatan orientasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK)  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak memiliki tujuan sebagai berikut :

a.  Memberikan Pengenalan Lingkungan, Tugas Pokok Dan Fungsi Yang Mereka Emban

b.  Memberikan Penguatan Kepada Para PPPK Baru Agar Dapat Bekerja Sesuai Dengan Aturan

Terwujudkan Pegawai ASN Yang  berakhlak yaitu  Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

1.  Penyelenggaraan Orientasi PPPK diselenggarakan secara blended learning dengan tahapan sebagai berikut

a. Pengenalan Tugas dan Fungsi ASN melalui aplikasi Massive Open Online Course    (MOOC)

b. Pengenalan Nilai dan Etika Instansi dengan metode blended learning yaitu secara klasikal (tatap muka) dan secara e-learning dengan Portal Media Pembelajaran ELSA DEMAK (E-Learning System For ASN)

Orientasi dilaksanakan dari tanggal 26 September 2022 hingga 24 November 2022 yang 

dibagi menjadi 12 Angkatan.

    Evaluasi dilaksanakan dengan berpedoman pada Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 289/K.1/PDP.07/2022  tentang Pedoman Penyelenggaraan Orientasi PPPK menyimpulkan bahwa dari 1204 orang peserta dinyatakan lulus sebanyak 1200 orang Peserta, 3 orang ditunda kelulusannya, dan 1 orang meninggal, dengan kualifikasi Kelulusan sebagai berikut:

Sangat Memuaskan          : 106 orang

Memuaskan                       : 1087 orang 

Cukup Memuaskan           : 7 orang

1.  Peserta Orientasi PPPK Tahun 2022 diharapkan dapat menjadi PPPK profesional dan berkarakter yang dijiwai oleh semangat bela negara dan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK, serta menjadi ASN yang menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat.

B    (BKPP Korpri)