Highlight

BPSDMP KOMINFO YOGYAKARTA GELAR PELATIHAN DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (TA), (GTA), (VSGA), (DEA) BEKERJASAMA DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN DEMAK

Demak, 27 Februari 2022 hari Senin Pukul 09.00 WIB Bertempat di Ruang Kelas Belimbing BKPP Kabupaten Demak dilaksanakan kegiatan Digital Talent Scholarship, Thematic Academy (TA), Government Transformation Academy (GTA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA).Kegiatan tersebut dipimpin dan dibuka oleh Bupati Demak Ibu dr. EISTI'ANAH, SE serta penyematan tanda peserta diklat secara simbolis kepada perwakilan Digital Talent Scholarship dan didampingi Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta Ibu Christiany Juditha, Kepala BKPP Kabupaten Demak Ibu Herminingsih, S.Sos, M.Si, Plt. Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Demak Bapak HARIS WAHYUDI RIDWAN, AP, M.Si , dan Kepala DINKOMINFO Kabupaten Demak Dra. ENDAH CAHYA RINI, MM.

Program DTS secara garis besar dibagi menjadi delapan Akademi, yaitu: 
1. Fresh Graduate Academy (FGA)
2. Vocational School Graduate Academy (VSGA)
3. Thematic Academy (TA)
4. Professional Academy (ProA)
5. Government Transformation Academy (GTA)
6. Digital Entrepreneurship Academy (DEA)
7. Digital Leadership Academy (DLA)
8. Talent Scouting Academy (TSA)

Digital Talent Scholarship (DTS) adalah program pelatihan pengembangan kompetensi yang telah diberikan kepada talenta digital Indonesia sejak tahun 2018. Program ini ditunjukan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi angkatan kerja muda Indonesia, masyarakat umum, dan aparatur sipil negaradi bidang Komunikasi dan Informatika sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era Industri 4.0, serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang untuk memaksimalkan peran pentahelix (pemerintah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital. 

Selain mendapatkan sertifikasi talenta digital, para peserta DTS memiliki keuntungan di pasar kerja karena mereka akan dihubungkan dengan sejumlah industri mitra Kementerian Kominfo. Thematic Academy (TA) menyasar komunitas,serta Government Transformation Academy (GTA) pelatihan yang dikhususkan untuk ASN.Program DTS meliputi Digital Entrepreneurship Academy (DEA) pelatihan dengan target peserta UMKM dan usaha rintisan, Fresh Graduate Academy (FGA) untuk lulusan Sarjana, Vocational School Graduate Academy (VSGA) program pelatihan dan sertifikasi kompetensi bidang TIK."Ruang lingkup yang dilatihkan memiliki kebaruan dan mengikuti perkembangan teknologi, baik di Indonesia maupun global," ujar Ibu Christiany Juditha.

(BKPP korpri)