Highlight

LIVE PODCAST DIPSI#2, "MENGULIK INFORMASI SEPUTAR TAPERA"

Demak, 07 Februari 2024 hari Selasa pukul 09.00 WIB Bertempat di Ruang PPID BKPP Kabupaten Demak dilaksanakan kegiatan Live Podcast Dipsi # 2 "Mengulik Informasi Seputar TAPERA" yang di pimpin dan dibuka oleh Kepala BKPP Kabupaten Demak Ibu Herminingsih, S.Sos, M.Si dan Pembawa Acara Ibu Sarah Salsabila Ichwanhaq, S.Psi serta Narasumber Muhlisin, SH, MH Analis SDM Aparatur Muda. Live Podcast diikuti oleh Seluruh Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut membahas Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat) Merupakan program pemerintah untuk mengatasi masalah sulitnya memiliki rumah. Dasar Pelaksanaan adalah Undang-undang Nomor 4 Tahun 2015 tentang Tabungan Perumahan Rakyat, Peraturan Pemerintah Nomor 25 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat. Jenis Pembiayaan TAPERA :

1. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

2. KBR (Kredit Bangunan Rumah)

3. KRR (Kredit Renovasi Rumah)

Tujuan Tapera :

- Menghimpun dan menyediakan dana murah jangka pangjang yang berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau.

- Peserta Tapera : ASN, Kepolisian, TNI, Pejabat Negara, Pekerja BUMN, termasuk pekerja dan buruh di sektor swasta

- Bagi peserta yang sudah memiliki rumah, dana yang disetorkan dapat diambil setelah peserta pensiun atau berhenti bekerja

Pemutakhiran data peserta saat ini Kabupaten Demak 45 % sudah update 3.388 dari jumlah ASN di Pemerintah Kabupaten Demak 7.551 Peserta Aktif.

Kendala Pemutakhiran Data

1. Informasi ke ASN yang kurang maksimal

2. Peserta lupa akun, password dan usernya

3. Pergantian email yang tidak bisa langsung melalui aplikasi sitara

4. NIK tidak sama

Syarat Pengembalian Tabungan Peserta : Pemberi kerja mengubah status kepesertaan, Setiap Peserta wajib melakukan update data mandiri.

Call Center TAPERA:

Email : layanan@tapera.go.id

helpdesk : Salam Tapera 156 (WA 08118156156)

Kantor pusat : BP Tapera Wisma Iskandarsyah Blok B2, B3 dan C3 Jln. Iskandarsyah Raya Kav. 12-14 Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160

(BKPP-Korpri)