Highlight

STOP PROKRASTINASI JIKA INGIN MENJADI PRIBADI YANG BERISI


Demak, 28 Februari 2020 hari Jum'at Pukul 13.00 WIB.



Setiap orang yang bekerja pasti ada masanya,yaitu masa terkadang mampu bekerja dengan giat dan masa bekerja dengan bermalas-malasan. Ketika muncul giatnya semua akan dikerjakan dengan semangat dan pekerjaan apapun akan dilibas habis.Sebaliknya jika muncul masa bermalas-malasan yang terjadi adalah pekerjaan menjadi terbengkelai.

Perilaku menunda dan bermalas-malasan inilah yang harus kita hindari karena akan membuat performa kinerja menjadi tak berarti.Perilaku menunda dan bermalas-malasan inilah yang disebut dengan *prokrastinasi*.

Lebih lanjut menurut American College Dictionary (dalam buku Burka dan Yuen,1983) menjelaskan bahwa prokrastinasi sebagai menangguhkan suatu tindakan untuk melaksanakan tugas pada waktu dan hari lainnya.

Kayaknya hampir semua manusia pernah mengalami kondisi yang demikian.Terlebih jika dia merasa tidak nyaman dan kurang mendukung kesejahteraannya dalam bekerja maka akan berkorelasi positif terhadap timbulnya prokrastinasi.

Menyandingkan dengan bahasan sebelumnya mengenai mindfullness maka prokrastinasi ini dapat dicegah dengan mindfullness tersebut. Hilangkan perasaan ketidaknyamana karena biasanya kenyamanan itu terkait dengan penilaian.Takut dinilai salah takut dinilai kurang baik hingga akhirnya memicu perilaku prokrastinasi.

Prokrastinasi ini timbul bisa diakibatkan karena trait(kepribadian) atau bisa juga timbul karena faktor lingkungan.Dan prokrastinasi yang tumbul karena trait inilah yang agak sulit untuk dihilangkan karena memang sudah mengakar dala diri.

Setiap kita pastilah menginginkan menjadi pribadi yang lebih berisi dan berkualitas,padahal kita tahu untuk lebih berkualitas haruslah berusaha tanpa batas.Karena Tuhanpun akan memberikan sesuatu itu tergantung usaha maka dia akan mampu mendapatkan yang pantas.Tak ada individu yang menjadi lebih berisi jika hanya kerjaannya tidur dan bermalas-malasan disetiap situasi.

Mulai sekang stop dan hapus prokrastinasi munculkan mindfullness dalam diri dan bersiaplah menjadi pribadi yang berisi untuk kehidupan kedepan yang senantiasa dinanti.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi