Highlight

DONGKRAK PERFORMANCEMU DENGAN MENGENAL PASSION DALAM PEKERJAANMU

Banyak orang bekerja meneriakkan passion, tapi sebenarnya pahamkah mereka tentang pengertian passion itu sendiri? Atau mereka hanya latah mengikuti lingkungan sekitar. Agar tidak dibilang latah maka kita harus paham terlebih dahulu apa itu passion. Passion disini bukanlah bakat atau minat bukan juga cita-cita, akan tetapi passion disini menyangkut soal rasa. Jika berbicara tentang rasa tentu  saja banyak unsur subjektifitas didalamnya.
Passion sebenarnya adalah hal yang dilakukan karena senang lebih dari sekedar minat tetapi sesuatu dorongan dari alam bawah sadar sehingga jika tidak melakukannya akan timbul rasa kecewa. Lebih dari sekedar ikhlas sehingga dalam melakukannya akan terasa ringan dan tanpa beban apapun. Untuk itu sangat penting menghadirkan passion dalam tempat kerja kita.
Orang yang merasa bekerja sesuai dengan passionnya akan senantiasa heppi setiap hari tidak ada beban dihati dalam melakukannya. Sehingga hasilnyapun akan mampu menjadi optimal. Lantas bagaimana menumbuhkan passion itu sendiri. Bagi beberapa orang bekerja sesuai passion itu manakala sesuai dengan ijazah yang diperoleh atau bahkan mungkin ada yang menganggap bekerja sesuai dengan kompetensi dalam diri.
Orang yang menemukan passion dalam pekerjaanya maka dia akan merasa fit dengan pekerjaanya. Sehingga terkadang tanpa dimintapun karena merasa sudah terlanjur cinta dengan pekerjaan yang dilakukan maka diapun dengan sendirinya akan melakukannya sampai tuntas dan beres pekerjaan tersebut serta hasilnyapun akan menjadi maksimal.
Memang tidak mudah mencari passion dalam bekerja karena ini menyangkut soal rasa. Tetapi kembali lagi ketika semua sudah ada kemauan dan niatan yang bulan maka semuanya akan berjalan dengan cepat dan tentunya hasilnyapun akan tepat karena dalam prosesnyapun menjadi tidak asal-asalan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan passion pada pekerjaan kita :
1. Munculkan interest/ketertarikan dalam pekerjaan yang kita lakukan
2. Adanya harapan terhadap pekerjaan yang kita lakukan
3. Selalu menganggap bahwa yang kita lakukan membawa keberuntungan
4. Perlu latihan keras
5. Reason yang jelas akan memunculkan passion yang pas.
Passion dan performance memang begitu memiliki korelasi yang sangat positif. Ketika passion seseorang terhadap pekerjaan yang dijalankan tinggi maka sudah otomatis performance yang dimunculkanpun juga tinggi. Orang tipe demikian materi sudah tidak menjadi dasar utama dalam bekerja karena mereka sudah terlanjur cinta terhadap pekerjaannya. Seperti layaknya orang yang jatuh cinta maka apapun akan terasa indah sehingga membuat kaki ringan melangkah dan akhirnya performance maksimalpun akan mampu diraih dalam genggaman.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi