Highlight

Agar Anak Tak Jenuh di Rumah Saat Pandemi, Ibu Dapat Lakukan Hal Ini

Banyak anak-anak menjadi bosan dan jenuh karena tidak dapat bermain dan sekolah saat pandemi COVID-19.

Dikutip dari alodokter.com, untuk mengusir kejenuhan anak selama ‘stay at home’, simak beberapa tips berikut ini.

Pertama dengan berkreasi lewat seni. Menggambar dan mewarnai bersama dapat menjadi satu solusi mengusir rasa kejenuhan anak. Selain mengajari anak untuk berkreasi dengan warna dan bentuk, menggambar dan mewarnai juga bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, dan membuatnya gembira.

Selain itu juga bisa mengajak anak bermain musik, bernyanyi, dan menari bersama. Aktivitas ini dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak serta koordinasi tangan dan matanya.

Kedua dapat mencoba resep baru dan memasak bersama. Momen di rumah saja dapat dimanfaatkan untuk memasak bersama anak. Tidak hanya menyenangkan bagi anak, memasak juga membuatnya belajar cara memasak makanan yang ia sukai, dan terpenting anak akan belajar menghargai usaha Bunda untuk memasak makanan untuknya.

Selanjutnya dapat dengan berkebun bersama. Pekarangan rumah dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas berkebun bersama si kecil. Jika tidak ada ada, pot bisa menjadi pilihan lain. Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan dan sangat positif bagi anak. Dengan berkebun, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan.
Keempat dapat dengan menonton film favorit. Mengajak anak menonton film kesukaannya juga bisa menjadi solusi agar anak tidak bosan di rumah.
Terakhir dapat dengan berolahraga sambil berjemur. Biasakan pada pagi hari sambil sekitar 15 hingga 30 menit.
sumber rri.co.id