Highlight

Ini 6 Gejala Baru Virus Corona yang Ditambahkan CDC

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengumumkan enam gejala baru virus corona yang telah ditambah ke dalam daftar CDC.

Dilansir dari marketwatch pada Rabu (29/4/2020) CDC menyebutkan gejala mulai dari ringan hingga parah. Gejala tersebut dapat berkembang dua hingga 14 hari setelah terpapar virus. Berikut gejalanya:

1. Panas dingin
2. Menggigil
3. Nyeri otot
4. Sakit kepala
5. Sakit tenggorokan
6. Kehilangan rasa atau bau

CDC menekankan bahwa ke 6 gejala tersebut hanya sebagian dari segala perkembangan gejala corona, karena bisa saja gejala berubah setiap saat. Menurut CDC masih banyak yang tidak diketahui tentang virus corona. Misalnya, ada laporan pasien corona di Italia yang menunjukkan ruam kulit, sementara beberapa anak dan remaja di Spanyol mengalami gejala seperti pseudo-frostbite (radang dingin semu).

Beberapa pasien COVID-19 yang masih muda juga dinyatakan menderita stroke, sementara yang lain juga mengalami pembekuan darah, seperti Aktor Broadway, Nick Corduro harus diamputasi karena pembekuan akibat virus corona.

Intinya, CDC menyarankan bahwa jika memiliki gejala covid-19, sebaiknya hubungi dokter atau departemen kesehatan setempat.

CDC terus mengimbau agar melakukan isolasi diri di rumah, kecuali mereka yang mengalami gejala:

1. Kesulitan bernapas
2. Rasa sakit yang terus-menerus atau tekanan pada dada
3. Kebingungan baru atau ketidakmampuan untuk bangkit
4. Bibir atau wajah kebiruan

Jika Anda tidak menunjukkan tanda-tanda seperti diatas, Anda diminta tetap untuk mengisolasi diri dan memulihkan diri di rumah.
SUMBER rri.co.id