Highlight

Ini Aplikasi yang "Wajib" Diinstall selama Ramadan

Pelaksanaan ibadah puasa di Bulan Ramadan kian mudah di era kekinian seperti ini. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa penggiat teknologi selalu mengeluarkan inovasi terbarunya untuk berkontribusi dalam segala hal. Termasuk dalam hal ibadah.

RRI mencoba untuk merangkum aplikasi yang direkomendasikan untuk mendukung kegiatan puasa anda. Berikut daftarnya;

1. Muslim Pro - Ramadhan 2020

Fitur yang cukup lengkap menjadikan aplikasi ini diunduh lebih dari 50 juta kali. Adapun fiturnya yaitu pengatur waktu salat, pengingat azan, pengingat waktu puasa (imsak dan iftar) selama ramadhan, penunjuk arah kiblat, kalender hijriah, Alquran dengan terjemahan, audio, dan fonetik, tasbih digital untuk menghitung zikir, dan mengetahui masjid terdekat dari lokasi peta anda .

2. Buku Saku Ramadhan

Aplikasi ini menyediakan informasi seputar Ramadhan yaitu keutamaan Bulan Ramadhan, keutamaan puasa, syarat wajib puasa, doa, salat tarawih, amalan utama ramadhan, dan malam Lailatul Qadar.

3. Marbel - panduan Puasa Ramadhan

Aplikasi ini cocok untuk orang tua yang ingin melatih anaknya berpuasa. Materi yang disajikan seputar ramadhan dilengkapi dengan ilustrasi animasi yang mempermudah anak untuk belajar.

4. Alquran Tajwid

Fitur pembacaan Alquran versi murottal dapat dijalankan sesuai dengan ayat yang diputar. Selain itu tajwid berwarna terdapat dalam fitur ini, sehingga anda mudah menemukan hukum bacaan pada ayat yang sedang dibaca.

5. Zakat Calculator

Di penghujung Ramadhan kita biasa disibukkan menghitung nominal zakat yang akan dibayarkan. Tetapi anda harus tenang karena terdapat aplikasi ini yang menginformasikan dnegan akurat besaran zakat fitrah, zakat harta setahun, zakat profesi, zakat emas, dan zakat properti.

6. Lagu Ramadhan 2020 Offline

Aplikasi mendengarkan lagu sudah banyak macamnya, namun aplikasi ini menawarkan mendengarkan lagu ramadhan tanpa terhubung koneksi internet. Koleksi lagunya berasal dari penyanyi religi seperti Maher Zain, Opick, Wali Band, dll.

7. Menu Buka Puasa

Berbuka puasa merupakan hal yang ditunggu banyak orang. Biasanya masakan khas pun dihadirkan dalam berbuka, namun banyak orang yang bingung dengan masakan yang hanya itu-itu saja. Nah aplikasi inilah yang dapat menambah variasi menu anda.
SUMBER http://rri.co.id