Highlight

Ini Tips Sahur yang Tepat Agar Tubuh Tak Lemas Seharian

Tidak terasa bulan Ramadan telah tiba. Umat muslim di seluruh dunia saat ini tengah melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Bulan ramadan kali ini tentu berbeda, umat muslim di dunia saat ini sedang diuji untuk melaksanakan ibadah di tengah pandemi covid-19. Walaupun situasi berbeda, nampaknya umat muslim di dunia salah satunya di Indonesia tidak mau kalah berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala.

Sayangnya, bagi sebagian orang selama bulan puasa mereka masih memilih untuk bermalas-malasan.

Padahal jika kamu menjaga pola makanan kamu saat sahur, puasa malah bikin tubuh sehat lho. Selama ini tubuh yang lemas, bisa jadi karena cara atau menu sahur Anda yang salah.

Berikut ada lima tips sahur yang benar yang telah dirangkum oleh RRI:

1. Porsi Makanan

Makanlah dengan porsi sewajarnya saat sahur. Jangan karena kamu akan menjalani puasa, lalu kamu tidak mengontrol apa yang kamu makan. Makanlah dengan porsi secukupnya, karena makan terlalu berlebihan akan membuat kamu menjadi lemas dan mudah mengantuk saat puasa..

2. Karbohidrat

Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks karena lama dicerna oleh usus jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. Selain itu, perbanyak juga protein agar tubuh tak mudah lemas memasuki siang hari. Hindari makanan berlemak dan pedas.

3. Mengunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga berpengaruh pada kualitas puasa. Saat sahur, coba makan dengan santai. Makan dengan cepat ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut pun cepat kosong sehingga mudah lapar.

4. Perbanyak Serat

Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, supaya terhindar sembelit selama berpuasa.

5. Habis Sahur Jangan Tidur

Usahakan jangan tidur usai salat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur akan terbuang sia-sia.

Nah, dengan lima langkah ini, dijamin tak ada alasan tubuh terasa lemas saat berpuasa.
SUMBER http://rri.co.id