Highlight

Kemensos Penuhi Kebutuhan RS yang Tangani Pasien COVID-19

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan sejumlah bantuan seperti Alat Pelindung Diri (APD) serta sembako, ke beberapa rumah sakit (RS) di Jakarta, seperti RS Harapan Bunda, RS Darurat Wisma Atlet, RS Cipto Mangunkusumo, serta RS Sulianti Saroso.
Kementerian Sosial yang di wakili oleh istri Menteri Sosial, Grace Batubara mengatakan, perluasan bantuan kepada sejumlah rumah sakit tersebut, yakni dengan pertimbangan bahwa adanya titik episentrum penyebaran virus COVID-19 berada di wilayah DKI Jakarta.
Ia berharap adanya penyaluran bantuan dan APD dan sembako itu dapat meringankan kerja tenaga kesehatan dalam menangani pasien yang terjangkit virus COVID-19.
"Karena, kita ketahui Jakarta merupakan zona merah, yang menjadi daerah pandemi COVID-19. Semoga ini bisa bermanfaat, khususnya bagi para pekerja kesehatan, dokter, yang memang mereka adalah garda terdepan pada saat ini," ungkap Grace Batubara, usai menyerahkan bantuan APD dan sembako di Rumah Sakit Harapan Bunda, Jakarta (24/4/2020).
Walau begitu, ke depan, ungkap Grace, Kemensos tidak menutup kemungkinan rumah sakit di daerah akan menerima bantuan.
Sementara itu, Rumah Sakit Harapan Bunda melalui Direkturnya, dr Taufany menuturkan bahwa sebelumnya RS yang dipimpinnya itu tidak diberikan persetujuan untuk menangani pasien terkait dengan COVID-19, guna mencegah tenaga kesehatan di RS itu tidak terpapar virus COVID-19 saat menangani para pasien. 
Namun, setelah dipastikannya terdapat bantuan pemenuhan keamanan para tenaga kesehatannya, dr. Taufany menyatakan bahwa pihaknya memberanikan diri untuk mengajukan pelayanan kesehatan masyarakat penanganan pasien COVID-19 ke Dinas Kesehatan setempat.
"Dengan banyaknya partisipasi masyarakat dan serta dari Kemensos memberikan bantuan APD maupun sembako, maka kami memberanikan diri untuk menyampaikan kepada Dinas Kesehatan Jakarta Timur, bahwasannya Rumah Sakit Harapan Bunda bersedia dan akhirnya ditunjuk sebagai rumah sakit jejaring rujukan," ungkap dr. Taufany.
Adapun rincian bantuan yang diberikan Kementerian Sosial kepada empat Rumah Sakit tersebut, antara lain Alat Pelindung Diri (APD) untuk RS Harapan Bunda sebanyak 100 pcs dan sembako 500 paket, serta RS Sulianti Saroso sebanyak 500 Paket, RS Darurat Wisma Atlet mendapat bantuan sebanyak 1000 Paket, RS Cipto Mangunkusumo 600 Paket, serta Bantuan masker nonmedis diberikan pada warga dan tukang ojek dari TAGANA Rajawa sebanyak 24.000 pcs.
sumber http://rri.co.id