Highlight

Pasien Covid-19 Bisa Disembuhkan, Ini Alasannya

Warga Sulawesi Utara terkonfirmasi positif Covid 19 hingga,  Senin( 28/4/2020) sebanyak 40 orang. Meski demikian  kasus yang masih aktif atau sementara dirawat tinggal 26 orang.
Juru bicara Gugus Tugas dokter Steven Dandel menjelaskan alasan pasien positif menyisakan 26 orang karena 11 orang sudah dinyatakan sembuh atau dari hasil laboratorium sudah dua kali  negative , sementara 3 pasien  lainnya meninggal dunia.
Dandel memberikan pemahaman  kepada masyarakat bahwa pasien covid 19 bisa sembuh jika memilik daya tahan yang cukup baik.
“Pasien Covid 19 bisa sembuh dalam konteks ketika daya tahan kita baik dan perawatan dilakukan secepat mungkin.  Kemudian menejemen kasus dilakukan semaksimal mungkin. Tdaiak semua Covid akan menjadi fatal”terang Dandel dalam video conference.
“Terbukti ada juga orang tua kita, lanjut usia diatas 70 tahun sebagian mereka juga memiliki penyakit penyerta, tapi karena dimanage dengan baik, daya tahan baik. Maka mereka dinyatakan sembuh,”lanjutnya.
Jubir dokter Steaven Dandel lebih lanjut mengatakan dengan adanya pasien positif covid 19  berubah  negatif atau sembuh dapat menjadi berita   baik  masyarakat yang ada di daerah ini.
“Berita baik ini kami sampaikan kepada masyarakat Sulawesi Utara, untuk menumbuhkan optimisme kita, sifat positif bahwa Sulawesi Utara dapat mengendalikan Covid 19 ini,”tuturnya.
Dandel pun menjelasakn telah terjadi tren penurunan terutama untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) 185 yang tersebar di sejumlah kabupaten/ kota sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 69 orang. Untuk positif covid-19 berjumlah 40 orang.
sumber rri.co.id