Highlight

PUASA DATANG SAATNYA MENGGAPAI ASA GEMILANG



Puasa adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi semua penduduk muslim dunia. Datangnya puasa ini banyak disambut dengan suka cita oleh seluruh umat karena di bulan ini limpahan pahala  dan ampunan tercurahkan. Sehingga puasa menjadi moment yang indah untuk kita menggapai berkah, untuk itu jangan sampai kita menyia-nyiakan kedatangan bulan mulia ini. Bulan mulia yang hadirnya selalu diharapkan dan dirindukan.
Pelaksanaan puasa tahun ini mungkin berbeda dengan puasa ditahun-tahun sebelumnya karena corona yang hadir ditengah-tengah kita, tapi jangan jadikan itu sebagai hambatan kita untuk terus beribadah dan menggapai berkah. Ambil hikmah dengan adanya corona ditengah-tengah kita melakukan ibadah karena dengan adanya corona waktu kita berkumpul dengan keluarga menjadi berlimpah karena adanya himbauan dari pemerintah untuk kita senantiasa dirumah saja. Situasi tersebut adalah salah satu bentuk kenikmatan yang luar biasa puasa bisa berkumpul dengan keluarga tercinta.
Kewajiban untuk melaksanakan puasa dijelaskan dalam Al-Qur’an  tertuang pada Surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."
Pada ayat di atas cukup jelas bahwa kita diwajibkan berpuasa adalah agar dalam rangka membentuk diri menjadi insan yang bertakwa. Sedangkan arti kata takwa itu sendiri adalah senantiasa melaksanakan perintahNYA dan menjauhi laranganNYA dan jaminan takwa ini adalah surga.
Sungguh indahnya jika kita mampu untuk menggapai predikat takwa tersebut terlebih kita telah diberikan kesempatan untuk bertemu denga bulan yang mulia ini. Mari berlomba-loma menggapai asa gemilang dengan semangat yang tak mudah pantang untuk senantiasa terus melakukan ibadah dan kebaikan di bulan puasa ini.
Puasa mengajarkan kepekaan social yang tinggi dan puasa tahun ini adalah moment yang tepat kita untuk melakukannya, kehadiran corona ditengah puasa haruslah kita manfaatkan untuk meningkatkan jiwa social kita. Berbagi kepada saudara-saudara kita yang terkena dampak dari adanya virus corona hingga akhirya meruntuhkan sendi perekonomian dalam keluarga adalah salah satu bentuk kepekaan social yang harus senantiasa kita tingkatkan saat puasa tahun ini.
Tidak semua orang diberikan kesempatan untuk bertemu dengan bulan puasa tahun ini dan jika kita sekarang menjadi salah satu orang yang menerima kesempatan itu patutlah kita bersyukur. Wujudkan rasa syukur itu untuk terus meningkatkan segala ibadah yang disunahkan di bulan puasa ini. Yakinlah puasa tahun ini kita mampu menggapai asa menjadi umat yang luar biasa dengan predikat takwa yang kita terima.
NUR CHASANAH, S.Psi