Highlight

Diterpa Puting Beliung Puluhan Rumah Warga Rusak


Hujan deras disertai angin puting beliung menerpa dua kelurahan di Kecamatan Kota Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan puluhan rumah warga mengalami kurusakan, Selasa (5/6/2020).
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan Rizal Morris mengatakan, angin puting beliung yang disertai hujan dengan intensitas lebat terjadi pada pukul 13.00 WIB.
“Lokasi Kejadian di dua kelurahan yaitu Kelurahan Pejagan dan Kelurahan Bancaran yang mengakibatkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan baik berat, sedang maupun ringan serta beberapa batang pohon tumbang salah satunya menimpa 2 unit sepeda motor yang sedang parkir,” ungkapnya.
Rizal menambahkan, untuk kerusakan di kampung Pojug, Kelurahan Bancaran, 1 unit rumah rusak sedang, 17 unit rumah rusak ringan, 1 unit rumah rusak berat dan untuk di kampung Paci’an Kelurahan Pejagan, 1 unit rumah rusak ringan, 1 unit pagar rumah roboh.
“Kerusakan lainnya juga terjadi di kampung Panyagaran Kelurahan Bancaran, 22 unit rumah rusak ringan, 1 unit rumah rusak berat, dan di kampung Barat Tambak Kelurahan Pejagan, 1 unit dapur rusak berat, 4 unit rumah rusak sedang, 3 unit rumah rusak ringan,” kata Rizal.
Rizal menambahkan, selain puluhan rumah warga rusak juga empat batang pohon di Jl. Panglima Sudirman tumbang dan untuk korban jiwa nihil.
“Dengan kejadian ini Tim Reaksi Cepat BPBD Bangkalan bersama agen bencana BPBD Provinsi Jatim, Komandan dan Personil Koramil Bangkalan, personil Polres Bangkalan, DLH Kabupaten Bangkalan, Tagana, Damkar Bangkalan dan warga masyarakat langsung melakukan Assesment dan Evakuasi di lapangan,” pungkasnya.
SUMBER rri.co.id