Highlight

Ekonomi Terdampak Covid-19, Langkah Ekstrem Harus Diambil

Kondisi perekonomian nasional diprediksi masih akan sulit berjalan hingga masa penularaan wabah pandemi global virus corona jenis baru (Covid-19) berakhir nanti. Pemerintah pun diminta untuk menambil langkah ekstrem untuk menyelamatkannya.
Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, salah satu langkah ekstrem tersebut adalah dengan membentuk Komite Percepatan Pemulihan Perekonomian Nasional (KP3N).
“Komite ini (KP3N) akan bertugas untuk merumuskan, langkah, strategi, program serta kebijakan yang akan dilakukan setelah Covid-19 ini, sehingga dunia usaha bisa segera berlari kencang," kata Sarman Simanjorang dalam keterangannya, Minggu (10/5/2020).
Menurut Sarman, Komite tersebut sebaiknya dikendalikan langsung oleh dunia usaha. Mereka terdiri satai para anggota dari asosiasi/organisasi dunia usaha masing masing sektor usaha,dari unsur pemerintah/instansi terkait dan unsur perguruan tinggi dan pengamat ekonomi (ekonom). Alasannya karena pengusaha lebih tahu kondisi yang sesungguhnya  di lapangan dan apa saja yang harus mereka butuhkan.
Lanjut Sarman, komite ini nantinya bertugas untuk merancang, merumuskan langkah strategis yang harus dilakukan pasca Covid 19 sehingga perekonomian dapat cepat pulih dan dunia usaha segera berlari kencang.
sumber rri.co.id