Highlight

Evaluasi dan Investigasi Penanganan Corona Disetujui WHO


Uni Eropa dan Australia mengajukan resolusi untuk menyelidiki dan mengevaluasi penanganan virus Covid-19 ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO pun telah menyetujui resolusi yang didukung penuh 194 negara anggota tersebut. 
"Apakah Majelis WHO siap untuk mengadopsi rancangan resolusi seperti yang diusulkan? Karena saya tidak melihat ada yang keberatan untuk resolusi itu diadopsi," ujar Presiden Majelis WHO Keva Bain dalam pertemuan virtual Majelis WHO, Selasa (19/5/2020).
Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengaku berterima kasih kepada negara anggota yang telah mendukung WHO pada majelis tahunan selama dua hari ini. Dia juga menyambut resolusi Uni Eropa dan berjanji untuk evaluasi independen.
"Kami akan terus memberikan kepemimpinan strategis untuk mengkoordinasikan respons global terhadap pandemi ini," ungkap Tedros seperti yang dikutip dari AFP.
Sebelumnya, WHO sempat mendapat peringatan keras dari Amerika Serikat yang dinilai tidak dapat menangani pandemi corona.
Trump juga mengancam akan memberhentikan pendanaan ke WHO secara permanen. Selama ini, AS menjadi donatur terbesar dengan memberikan dana ke WHO sekitar USD 450 juta setiap tahunnya.