Highlight

Kiat Cegah Bibir Pecah Selama Berpuasa

Bibir kering bahkan pecah-pecah menjadi keluhan saat menjalankan ibadah puasa. Hal itu disebabkan kurangnya asupan cairan dalam tubuh.
Beberapa kiat yang dapat dilakukan sehingga bibir kering dan pecah-pecah tidak muncul dan mengganggu aktivitas puasa, berikut tips dikutip dari halodoc.
Pertama dengan memperbanyak asupan air mineral saat sahur dan berbuka. Jumlah asupan air putih yang disarankan adalah minimal 8 gelas dalam sehari. Namun, kamu juga bisa memperoleh asupan cairan tubuh dari sumber lainnya, misalnya dari buah-buahan tinggi kadar air.
Kedua dengan menghindari mengkonsumsi kafein. Minuman seperti kopi atau minuman bersoda, dapat mengeringkan kulit bibir. Tak hanya itu, minuman berenergi dan alkohol pun turut memberikan efek serupa.
Selanjutnya dengan mengurangi mengkonsumsi makanan asin dan pedas. Ini justru membaut bibir jadi semakin kering, bahkan membuatnya tak kunjung sembuh. Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat tenggorokan terasa semakin kering saat puasa. Akibatnya, kamu jadi lebih cepat haus dan mudah dehidrasi.
Kemudian dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral. Salah satunya vitamin B yang dapat diperoleh dari makanan sumber protein seperti ikan, unggas, dan golongan kacang-kacangan.
Tambahkan juga asupan vitamin C pada menu sahur dan buka puasa. Sebab, vitamin C mengandung antioksidan yang mampu melawan sariawan dan bibir pecah-pecah. Berbagai makanan sumber vitamin C yang bisa konsumsi adalah buah jeruk, mangga, pepaya, dan sayuran hijau.
Selanjutnya juga bisa mengunakan lip balm. Untuk menjaga kelembapan bibir yang maksimal, gunakan lip balm yang mengandung petrolatum, misalnya petroleum jelly. Kandungan itu dapat  memberikan sensasi kelembapan alami di bibir. Hindari lip balm yang mengandung eucalyptus atau menthol, yang justru akan memperparah dan mengiritasi bibir kering.
Terakhir jangan membiasakan menjilat bibir. Cara ini justru bisa memperparah bibir kering, Meski air liur dapat membuat bibir tampak lebih segar sesaat, ketika air tersebut mengering, sisa-sisa yang ada di bibir akan segera menguap dan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis. Akibatnya, bibir malah semakin kering dan mengelupas.
sumber rri.co.id