Highlight

Makan Semangka, Jangan Lupakan Kulitnya


Buah semangka (Citrullus lanatus) menjadi buah yang dicari untuk momen melepas puasa, selain kurma, dan buah lainnya.
Warna daging yang merah dan rasa yang manis membuat semangka dapat melepas rasa dahaga. Namun faktanya manfaat kulit semangka dan daging paling bawah yang bewarna putih ternyata juga tidak kalah bermanfaat dibanding daging merah, untuk kesehatan.
Kulit semangka dan bagian yang berwarna putih memang tidak mengandung air sebanyak daging buahnya, tapi juga mengandung vitamin C (hingga 2 persen dari total kebutuhan harian) dan vitamin B-6 (1 persen). Kandungan ini membuat kulit semangka disebut-sebut baik untuk menyehatkan kulit dan sistem saraf manusia. Dikutip dari sehatq.com, berikut manfaat lainnya.
1. Meningkatkan libido Penelitian awal menunjukkan bahwa manfaat kulit semangka ialah mengatasi masalah disfungsi ereksi tingkat ringan hingga sedang pada pria. Kulit semangka mengandung asam amino citrulline yang terbukti dapat meningkatkan libido.
2. Meningkatkan stamina Citrulline yang terkonsentrasi di kulit semangka juga memiliki khasiat lain, yakni meningkatkan stamina sehingga Anda dapat bekerja atau berolahraga lebih lama. Sayangnya, bukti atas klaim ini masih bersifat anekdotal yang berhubungan dengan cara kerja citrulline itu sendiri.
Citrulline mampu memicu pembesaran pembuluh darah sehingga peredaran oksigen ke seluruh tubuh lebih lancar. Teorinya, hal ini akan membuat Anda tidak mudah lelah sehingga dapat beraktivitas lebih lama dan kuat.
3. Menurunkan tekanan darah Salah satu manfaat kulit semangka yang mirip dengan memakan daging buahnya adalah dapat mengurangi tekanan darah. Lagi-lagi, hal ini datang dari kandungan citrulline di dalamnya yang dipercaya dapat menurunakn tekanan darah pada penderita hipertensi.
Memakan buah semangka, termasuk bagian kulitnya, juga bersifat diuretik sehingga cocok dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Cara mengonsumsinya pun mudah, Anda cukup memakan buah semangka beserta sebagian kulitnya yang sudah dicuci bersih.
4. Menyehatkan saluran cerna Manfaat kulit semangka yang tak kalah baiknya adalah menyehatkan saluran cerna karena ia mengandung serat yang baik bagi tubuh. Dengan saluran cerna yang baik, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan proses ini, misalnya konstipasi, diare, hingga kanker usus.
Selain itu, konsumsi makanan cukup serat akan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Serat juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga kulit semangka cocok dikonsumsi oleh Anda yang tengah menjalani program diet penurunan berat badan.
sumber rri.co.id