Highlight

Penderita HIV Rentan Tertular Covid-19 Belum Terbukti

COVID-19 yang diketahui dapat menyerang semua kelompok manusia dalam berbagai macam kondisi.
Terlebih pada seseorang yang memiliki imunitas yang tengah menurun, virus tentu lebih cepat menginveksi.
Lalu bagaimana dengan penderita HIV yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun. Apakah lebih rentan tertular COVID-19?
Dikutip dari hellosehat, penderita HIV memang lebih rentan terkena infeksi secara umum. Namun, World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa hal ini belum tentu membuat mereka lebih rentan tertular COVID-19. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.
Untuk diketahui, hingga saat ini, belum ada bukti bahwa penderita HIV lebih berisiko tertular COVID-19 dibandingkan orang yang tidak menderita HIV. Selain itu, belum juga ada bukti bahwa komplikasi COVID-19 akan lebih berat pada penderita HIV atau AIDS.
Komplikasi berat biasanya muncul dari faktor yang sudah ada, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit pernapasan, dan lain-lain.
Ketika penderita HIV mengalami komplikasi COVID-19 berat, penyebabnya bisa jadi berasal dari faktor-faktor tersebut.
Cara terbaik melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan menerapkan upaya pencegahan. Langkah-langkahnya tidak berbeda dengan orang lain pada umumnya, yakni:
1. Rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer berbahan alkohol. 2. Tetap di rumah dan menerapkan physical distancing. 3. Tidak berkerumun atau pergi ke tempat ramai. 4. Tidak menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan. 5. Mengenakan masker saat harus pergi ke luar rumah. 6. Menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin menggunakan tisu. Bila tidak ada tisu, gunakan lengan. 7. Penderita HIV juga perlu menjalani gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi, tidur cukup, dan mengelola stres dengan baik.