Highlight

Pilihan Menu Sehat Anak Kos di Masa Pandemi


Masa pandemi COVID-19 membuat perubahan drastis terhadap perekonomian masyarakat, terutama bagi anak kos. Perlu memutar otak dalam mengatur anggaran, termasuk kebutuhan sahur di Bulan Ramadan ini.
Selain mi instan, ternyata masih banyak menu sahur praktis dan ekonomis yang lainya yang dapat dikonsumsi anak kos. Beberapa diantaranya adalah seperti dikutip hellosehat berikut ini.
1. Nasi dan telur
Menu ini membuat menghasilkan perpaduan energi dari karbohidrat dan protein serta lemak sehat yang menjadi cadangan energi ketika karbohidrat sudah menipis.
Tentu dua nutrisi ini sangat mendukung saat menjalankan ibadah puasa.
2. Sereal dan susu
Sereal bisa menjadi menu sahur darurat untuk anak kos yang telat bangun pagi. Caranya cukup dengan mencampurkan sereal dengan segelas susu hangat. Meski sederhana, menu satu ini dapat memberikan tubuh Anda energi dan serat.
3. Sup sayuran
Sup sayuran adalah menu sahur ideal untuk anak kos yang ingin makan lebih banyak serat. Menu ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, serta cairan yang akan mencegah Anda terkena dehidrasi saat berpuasa.
4. Capcay
Seperti sup sayuran, capcay juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Asupan serat penting karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol gula darah, dan mencegah sembelit selama berpuasa.
5. Pasta
Pasta adalah salah satu menu sahur paling lengkap bagi anak kos karena mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat sekaligus. Menu serbaguna ini juga dapat diolah dengan hampir segala macam bahan makanan yang tersedia di dapur Anda.
6. Oatmeal dan buah-buahan
Oat termasuk dalam kelompok biji-bijian yang paling menyehatkan. Makanan ini kaya karbohidrat, protein, dan serat, tapi rendah kalori. Oat juga memiliki vitamin B kompleks dan belasan mineral sehingga menjadi salah satu makanan yang paling padat nutrisi.
7. Sandwich dari roti gandum
Ketika Anda benar-benar tidak punya waktu untuk memasak, sandwich dapat menjadi pilihan. Hidangan praktis asal Inggris ini mengandung karbohidrat dari roti, protein dan lemak dari daging, serta vitamin dan mineral dari daun selada.