Highlight

Indonesia Berpeluang Tarik Minat Investor Asing


Keadaan normal yang baru atau “the new normal” di berbagai negara dunia pada masa pemulihan setelah terdampak wabah pandemi global Coronavirus (Covid-19) dinilai dapat membuka peluang bagi Indonesia. Utamanya terkait pemulihan di sektor ekonomi dan bisnis. 
Demikian menurut keterangan yang disampaikan Darmansyah Djumala, Duta Besar Republik Indonesia untuk Austria dan Slovenia.
Pernyataan tersebut disampaikan Djumala  dalam sebuah acara diskusi secara virtual yang digelar oleh Impact Hub Jakarta, Minggu (17/5/2020).
Djumala yang punya latar belakang akademisi dengan meraih gelar doktor dalam ilmu hubungan internasional mengatakan bahwa dalam kondisi normal sebelum pandemi Covid-19, rantai pasok seluruh dunia global sebagian besar dikuasai China (Tiongkok).
Dirinya menjelaskan, sekarang banyak negara-negara di  Eropa seperti Jerman, Amerika Serikat dan Jepang belakangan sudah berpikir ulang terkait sumber baru rantai pasok global.
“Perusahaan-perusahaan dunia diperedikai akan merelokasi investasi dari China (Tiongkok) menuju ke negara yang lebih ramah investor," kata Darmansyah Djumala.
Maka dari itu menurut Djumala, Indonesia perlu segera mempersiapkan diri agar bisa menarik minat investor asing berinvestasi. Caranya adalah pemerintah harus membuat suatu terobosan yang ampuh untuk mengambil manfaat dari kondisi baru tersebut.