Highlight

Resmi Pensiun, Ini Deretan Prestasi Tontowi Ahmad


Di tengah pandemi COVID-19, salah satu pebulutangks Indonesia, Tontowi Ahmad resmi mengumumkan bahwa dirinya gantung raket atau pensiun dari dunia bulu tangkis. 
Meski saat berpasangan dengan Winny Oktavianti Kandow, Owi -sapaan akrab Tontowi- belum pernah mendapatkan gelar, namun segudang prestasi pernah ia capai saat berpasangan dengan Liliyana Natsir.
Sedikitnya ada 20 gelar lebih yang didapat Owi bersama Butet di nomor ganda campuran. Bahkan, Owi/Butet yang dipasangkan sejak 2010, menjadi satu-satunya wakil Indonesia peraih medali emas Olimpiade 2016.
Tak hanya itu, Owi/Butet juga pernah mempersembahkan medali emas pada Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia tahun 2013 dan 2017. Selain itu, Owi/Butet juga menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2015.
Pada ajang BWF Series, sedikitnya Owi/Butet telah mempersembahkan gelar juara sebanyak 16 kali. Bahkan, Owi/Butet menjadi pasangan ganda campuran Merah Putih yang mengakhiri puasa gelar selama 33 tahun di Ajang All England.
Ya, Owi/Butet berhasil meraih gelar juara All England pada tahun 2012. Bahkan dua tahun berikutnya, ganda campuran yang tadinya menjadi andalan Merah Putih itu sukses mempertahankan gelar yang sama dan membuatnya mencatatkan hattrick gelar All England.  Selain itu, Owi/Butet juga pernah 10 kali meraih gelar juara BWF Grand Prix.
Daftar Prestasi Tontowi Ahmad
- Emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017
- Emas Ganda Campuran Bulutangkis Olimpiade 2016
- Emas Kejuaraan Bulutangkis Asia 2015
- Emas Kejuaraan Dunia Bulitangkis 2013
- Emas Ganda Campuran SEA Games 2011
- Emas Beregu Putra Bulutangkis SEA Games 2011
- 16 Gelar Juara BWF Series
- 10 Gelar Juara BWF Grand Prix
sumber rri.co.id