Highlight

Sahur Tak Cukup Hanya dengan Segelas Susu

Mengkonsumsi segelas susu ketika sahur tentu dapat membantu tubuh memenuhi nutrisi untuk menjalani aktivitas puasa.  
Pasalnya, susu mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit dan mata, vitamin B, hingga vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Namun apakah cukup hanya dengan segelas susu. Meski mengandung banyak zat yang dibutuhkan, tentu kebutuhan nutrisi itu tidak hanya cukup dengan susu. Sehingga juga disarankan dengan mengkonsumsi asupan lainnya.
Diketahui, dikutip dari halodoc, dalam segelas susu, atau sekitar 250 ml, hanya terkandung 300 mg kalsium. Padahal, orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1100 mg setiap hari, pada anak-anak kalsium dibutuhkan sebanyak 1000-1200 mg.
Sehingga sebaiknya makan sahur diisi dengan menu yang sehat dan seimbang serta memiliki seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pilih jenis makanan yang tinggi kalsium dan protein, seperti sayur-sayuran, daging sapi, tahu, tempe, ikan, dan kacang-kacangan.
Baru setelah itu lengkapi makan sahur dengan segelas susu hangat. Artinya, hindari kebiasaan hanya minum satu gelas susu saat sahur. Apalagi sampai melewatkan makan sahur, karena hal tersebut malah bisa memicu masalah.
sumber rri.co.id